Jawa Pos

Api Lalap Lapak Agen Kebutuhan Rumah Tangga

-

SURABAYA – Lapak agen perkakas rumah tangga di Jalan Panggung, Pabean Cantian, terbakar saat umat Islam di Surabaya siap menyambut sahur pertama pada bulan Ramadan. Api yang membubung tinggi itu membuat panik warga karena berada di lokasi yang padat. Namun, berkat kesigapan petugas, api bisa dijaga agar tidak sampai merembet. Dibutuhkan waktu sekitar dua jam untuk menjinakka­n si jago merah.

Usman Chudori, 61, menjelaska­n bahwa pada pukul 22.30 dirinya melihat asap putih membubung di bangunan dua lantai tersebut. Pemilik warung kopi yang jaraknya 100 meter dari lokasi itu lantas mencium bau plastik terbakar. ’’Saya coba intip, ternyata bagian atasnya sudah terbakar. Lalu, ada suara kaca pecah dan ledakan-ledakan kecil,’’ ungkap pria asal Gresik itu.

Ada warga yang sigap melaporkan kejadian tersebut. Respons petugas pemadam kebakaran cukup cepat. Setelah kabar diterima pukul 22.43 Rabu (16/5), satu unit mobil pemadam kebakaran sampai di tempat kejadian tiga menit kemudian. Sebab, kebetulan satu mobil damkar plus tim sedang melakukan penjagaan siaga satu di GPIB Pniel, Jalan Rajawali.

’’Karena itu, upaya pemadaman perlu upaya ekstra. Kami semprot dari empat penjuru untuk memadamkan sekaligus menyegel penyebaran api,’’ ujar Kepala Dinas Pe- madam Kebakaran Surabaya Candra Maria Oratmangun di lokasi.

Dibutuhkan 16 unit mobil pemadam dan 100 personel untuk memadamkan api. Bahkan, Candra mengerahka­n unit supernya, yakni Bronto Skylift kelas 55 dan 104 untuk berjaga-jaga. ’’Pemadaman diselesaik­an pukul 01.00 dini hari. Pembasahan terus dilakukan hingga pukul 07.00,’’ jelasnya.

Dugaan penyebab kebakaran di tempat usaha milik Suwondo itu adalah arus pendek. Sebab, kondisi lantai dua bangunan hancur, sedangkan beberapa barang di lantai bawah masih utuh. ’’Kerugian material sedang ditaksir sang pemilik karena barang di sana itu bermacam-macam dan banyak,’’ ungkapnya.

 ?? ALLEX QOMARULLA/JAWA POS ?? GERAK CEPAT: Petugas pemadam kebakaran berhasil memadamkan api setelah bekerja keras selama sekitar dua jam. Mereka juga terus melakukan pembasahan agar tak ada peluang api muncul kembali.
ALLEX QOMARULLA/JAWA POS GERAK CEPAT: Petugas pemadam kebakaran berhasil memadamkan api setelah bekerja keras selama sekitar dua jam. Mereka juga terus melakukan pembasahan agar tak ada peluang api muncul kembali.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia