Jawa Pos

Tinggal Tunggu Uji Coba

Perangkat di Bengawan Sudah Lengkap

-

SURABAYA – Dishub memastikan persimpang­an Bengawan–Darmo bukan proyek sia-sia. Rencana uji coba rekayasa lalu lintas di titik tersebut sudah ada, tinggal menunggu waktu.

Sebenarnya, dishub berencana menguji coba rekayasa lalu lintas persimpang­an itu bulan ini. Koordinasi dengan beberapa pihak juga sudah dilakukan, tetapi belum tuntas. Masih ada koordinasi lanjutan.

Selain itu, rencana kegiatan terganggu proses pengamanan setelah ledakan bom. Diharapkan, situasi Surabaya kembali kondusif sehingga rencana kegiatan bisa berlangsun­g normal.

Kabid Lalu Lintas Dishub Joko Supriyanto menyatakan, proses menuju uji coba rekayasa lalu lintas terus berjalan. Dia juga meluruskan anggapan tidak ada perkembang­an pada proyek tersebut. ’’Traffic light (TL) sudah kami pasang, tinggal pengoperas­ian,’’ katanya.

TL itu terpasang di semua sisi. Misalnya, sisi Jalan Darmo arah Wonokromo dan sebaliknya serta sisi Jalan Bengawan arah timur dan sebaliknya. Saat ini TL tersebut belum beroperasi. Joko menyatakan, TL itu akan difungsika­n setelah perencanaa­n siap.

Dia juga menuturkan bahwa saat ini semua pihak sedang fokus pada pengamanan. Dibutuhkan waktu untuk menyusun kembali rencana pengoperas­ian persimpang­an tersebut. Yang jelas, simpang Darmo–Bengawan bakal segera diterapkan. ’’Kami masih terus bekerja,’’ jelasnya.

Persimpang­an Bengawan akan membuka akses dari Jalan Mayjen Sungkono hingga Ngagel. Jalur tersebut bakal mengurai kemacetan di beberapa titik. Warga Surabaya memiliki banyak alternatif untuk lalu-lalang dari barat ke timur.

Selama ini akses penghubung Sura- baya Barat ke timur masih jarang. Sebagian besar hanya menghubung­kan dari barat ke tengah atau sebaliknya.

Pengoperas­ian persimpang­an Bengawan akan memperlanc­ar arus lalu lintas dari timur ke barat dan sebaliknya. Terutama setelah pengoperas­ian Jembatan Ujung Galuh dua bulan lalu. Jalan bengawan akan menghubung­kan Jembatan Ujung Galuh dengan Jalan Mayjen Sungkono.

Persimpang­an Bengawan diyakini bakal menyedot sebagian besar pengguna jalan. Sebab, akses tersebut menyambung­kan Jalan HR Muhammad, Mayjen Sungkono, Bengawan, dan Ngagel.

 ?? GHOFUUR EKA/JAWA POS ?? SUDAH SIAP: Jalur yang akan menyambung­kan Jalan Bengawan masih ditutup separator kemarin. Di area tersebut sudah terpasang rambu-rambu dan lampu lalu lintas.
GHOFUUR EKA/JAWA POS SUDAH SIAP: Jalur yang akan menyambung­kan Jalan Bengawan masih ditutup separator kemarin. Di area tersebut sudah terpasang rambu-rambu dan lampu lalu lintas.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia