Jawa Pos

Korut Tolak Jurnalis Korsel

-

SEOUL – Sikap Korea Utara (Korut) berubah total. Tidak ada lagi keramahan setelah pertemuan di Panmunjom 27 April lalu. Sikap permusuhan kembali ditunjukka­n Korut kepada Korea Selatan (Korsel). Kemarin (18/5) Kementeria­n Unifikasi Korsel menyatakan bahwa Korut telah menolak beberapa jurnalis yang mereka ajukan untuk menjadi saksi penutupan tempat uji coba nuklir di Punggye-ri.

Jauh hari sebelum hubungan kedua negara kembali memanas, Korut memang menyatakan akan menutup tempat tersebut. Jadwalnya pekan depan. Mereka mengundang jurnalis dari beberapa negara untuk melihat. Tetapi, tampaknya, kini tawaran tersebut dicabut. Ada kemungkina­n Pemimpin Tertinggi Korut Kim Jong-un berpikir ulang soal penutupan lokasi uji coba nuklir di Punggye-ri tersebut.

Sikap Korut itu membuat pertemuan dengan Amerika Serikat (AS) di Singapura pada 12 Juni mendatang juga menjadi kian tak pasti. Presiden AS Donald Trump mencoba meyakinkan Jong-un untuk tetap hadir pada pertemuan tersebut. Dia bahkan berjanji bakal melindungi Pyongyang jika pertemuan berjalan baik dan menghasilk­an kesepakata­n. Presiden ke-45 AS itu juga menegaskan bahwa kesepakata­n antara negaranya dan Korsel tidak akan serupa dengan yang pernah mereka lakukan dengan Libya.

’’Dia (Jong-un) akan tetap berada di negaranya. Dia tetap akan menjalanka­n negaranya. Negaranya bakal menjadi sangat kaya,’’ ujar Trump dalam konferensi pers yang digelar di Oval Office Kamis (17/5) sebagaiman­a dilansir CNN. Selama ini model kesepakata­n yang dilakukan AS dengan Libya dan Iran serupa. Meyerahkan senjata, lalu meneken kesepakata­n. Setelah itu, ada reward. Yaitu, berupa pencabutan sanksi.

 ?? JEAN ROBERT N’KENGO/REUTERS ?? ANTISIPASI: Petugas kesehatan (kanan) disemprot klorin setelah menangani pasien di sebuah rumah sakit di Bikoro Sabtu lalu (12/5).
JEAN ROBERT N’KENGO/REUTERS ANTISIPASI: Petugas kesehatan (kanan) disemprot klorin setelah menangani pasien di sebuah rumah sakit di Bikoro Sabtu lalu (12/5).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia