Jawa Pos

Tetap Optimistis meski Sulit

-

JAKARTA – Perjalanan timnas U-19 Indonesia pada Piala AFC U-19 tidak akan mudah. Pada penyisihan grup, dalam drawing di Hotel Fairmont, Jakarta, kemarin, Indonesia tergabung bersama beberapa tim kuat Asia seperti Uni Emirat Arab (UEA), Qatar, dan Taiwan di grup A.

Apabila lolos dari fase grup, lawan berikutnya di perempat final juga berat, yaitu dari grup B yang dihuni Jepang, Iraq, Thailand, dan Korea Utara. Di grup A, UEA dan Qatar paling diwaspadai Indonesia lantaran pernah keluar sebagai juara. Sementara itu, Taiwan terbilang lebih ringan.

Meski sulit, pelatih timnas U-19 Indonesia Indra Sjafri tetap optimistis. Mereka memasang target lolos semifinal yang artinya bisa membawa Indonesia ke Piala Dunia U-20 tahun depan. ’’Tidak ada yang tak mungkin. Kami awali dengan bismillah. Tidak bisa bekerja biasa, harus bekerja keras. Besok (hari ini, Red) sudah mulai TC (pemusatan latihan, Red,’’ jelasnya.

Mengenai tim lawan, dia yakin semua lawan sangat sulit. Pasalnya, semua negara yang berpartisi­pasi di Piala AFC U-19 2018 merupakan hasil dari kualifikas­i ketat. ’’Mereka merupakan juara dan runner-up. Semua tim di sini sangat sulit,’’ tuturnya.

Nah, Indra mengaku bersyukur karena telah mengetahui

lawan-lawannya di Piala AFC U-19. Dengan begitu, dia bisa fokus mencari tahu tentang lawan-lawannya untuk diaplikasi­kan pada taktik timnas. ’’Fokus kami lolos fase grup, baru menghadapi grup B. Yang terpenting, kami akan mempersiap­kan diri sebaik-baiknya,’’ ucapnya.

Karena baru ditunjuk kembali sebagai pelatih timnas U-19 pada 25 April lalu, Indra akan memanfaatk­an TC seminggu di Jogjakarta untuk membangun chemistry dengan pemain. Memperkena­lkan lagi cara main Pepepa khasnya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia