Jawa Pos

Sistem Skor Baru Dibahas Malam Ini

-

SEHARI menjelang perhelatan Thomas-Uber Cup 2018 diadakan BWF Annual General Meeting di Centara Grand & Bangkok Convention Center. Pada pertemuan itu, akan dibahas lagi aturan baru bulu tangkis yang sebagian sudah diujicobak­an oleh BWF.

Yang paling krusial adalah pembahasan sistem skor. BWF mengusulka­n sistem skor baru, yakni 11 poin kali lima game.

Selama ini menggunaka­n sistem skor 21 dengan maksimal dipertandi­ngkan tiga game. Bila skor sama kuat 1010, akan dilakukan deuce. Pemain yang unggul dua angka akan menjadi pemenang. Namun, bila skor 14-14, game

berakhir pada skor 15.

Sejak awal Indonesia keberatan terhadap sistem skor baru yang akan diterapkan pada Olimpiade Tokyo 2020 itu. ’’Kami sudah bulat menolak. Dalam annual general meeting besok (malam ini, Red), akan kami sampaikan sikap tersebut,’’ kata Sekjen PP PBSI Achmad Budiharto saat dihubungi Jawa Pos tadi malam.

PBSI optimistis penolakan itu akan mendapat dukungan dari negara-negara anggota BWF yang lain. Di antaranya, Tiongkok, Malaysia, dan Denmark. Negaranega­ra tersebut memiliki pengaruh yang kuat di antara anggota yang lain.

Alasannya, waktu dua tahun tidak cukup untuk melakukan adaptasi terhadap perubahan skor tersebut. Sebab, perubahan sistem skor akan memengaruh­i pola dan strategi permainan. Juga berdampak kepada perubahan program latihan. Setiap pemain membutuhka­n waktu lama untuk menyesuaik­an diri.

Kabidbinpr­es PP PBSI Susy Susanti mengatakan, saat perubahan sistem skor dari 15 ke 21 saja perlu waktu 4–5 tahun. Publik juga baru saja bisa menikmati permainan dengan sistem skor 21. Kini setelah masyarakat bisa menikmati sistem skor 21 diubah lagi oleh BWF.

Selain sistem skor, Annual General Meeting akan mengevalua­si pemberlaku­an aturan servis 115 cm yang sudah diujicobak­an sejak dua bulan terakhir. Agenda yang lain adalah pembahasan aturan baru timeout. Setiap pemain mendapat jatah satu kali timeout dalam empat set selama 120 detik. Bila mencapai set kelima, diberi tambahan jatah sekali timeout.

 ?? PP PBSI ?? KERJA KERAS: Para pemain tim Thomas dan Uber Indonesia menjalani latihan perdana di Bangkok, Thailand (17/5).
PP PBSI KERJA KERAS: Para pemain tim Thomas dan Uber Indonesia menjalani latihan perdana di Bangkok, Thailand (17/5).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia