Jawa Pos

Dovi Pecahkan Rekor Le Mans

-

LE MANS – Anggapan bahwa Sirkuit Bugatti, Le Mans, adalah kandangnya Yamaha rupanya mulai bergeser. Dari dua sesi latihan bebas pada hari pertama kemarin, justru Honda dan Ducati yang menunjukka­n potensi bakal kembali bertarung akhir pekan ini.

Jagoan Ducati Andrea Dovizioso memecahkan rekor lap di sirkuit sepanjang 4,273 kilometer tersebut saat menjadi yang tercepat di sesi latihan bebas kedua (FP2) tadi malam. Catatan waktunya 1 menit 31,971 detik di tengah sesi sejatinya sudah cukup untuk melibas rekor lap milik Jorge Lorenzo pada 2016. Dovi lebih cepat 0,004 detik.

Namun, Dovi lantas menajamkan catatan waktunya lagi menjadi

1 menit 31,936 detik. Hanya Dovi yang mampu menembus batas waktu 1 menit 32 detik pada latihan hari pertama. Juara bertahan Marc Marquez (Repsol Honda) menjadi pembalap yang paling dekat jaraknya dengan Dovi. Sampai akhir FP2, sang juara bertahan berada di posisi kedua dengan selisih 0,168 detik.

Tiga pembalap Yamaha tampak mengalami kemajuan dibandingk­an dengan seri sebelumnya di Jerez. Valentino Rossi mampu memperbaik­i catatan waktunya cukup signifikan pada akhir sesi untuk mengamanka­n posisi ketiga. Selisihnya dengan Dovi adalah 0,243 detik. Disusul Maverick Vinales di posisi keempat dan Johann Zarco (Tech3-Yamaha) di urutan kelima.

Dovi tampak sangat termotivas­i dengan perpanjang­an kontraknya dengan Ducati. Setelah melewati proses negosiasi cukup alot, akhirnya pabrikan Italia itu mengumumka­n perpanjang­an kontrak runner-up MotoGP 2017 tersebut selama dua tahun ke depan. ’’Saya rasa mengalahka­n (Marc) Marquez dengan motor yang sama (Honda) sangat sulit,’’ ujarnya.

Melihat hasil latihan hari pertama GP Prancis kemarin, bisa diprediksi bahwa penggemar MotoGP bakal sekali lagi disuguhi balapan seru dan ketat. Itu akan dimulai dengan sesi kualifikas­i malam nanti.

 ??  ??
 ?? MOTOGP ?? TANGGUH: Bintang Ducati Andrea Dovizioso menjadi pembalap tercepat pada sesi latihan bebas MotoGP Prancis di Sirkuit Bugatti, Le Mans, kemarin.
MOTOGP TANGGUH: Bintang Ducati Andrea Dovizioso menjadi pembalap tercepat pada sesi latihan bebas MotoGP Prancis di Sirkuit Bugatti, Le Mans, kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia