Jawa Pos

Terjebak 45 Menit di Dalam Lift

-

SURABAYA – Laura dan empat temannya panik. Lift yang membawa mereka turun tiba-tiba macet kemarin (18/5) sekitar pukul 14.00. Mereka terjebak di dalam lift Jembatan Penyeberan­gan Orang (JPO) Basuki Rahmat selama 45 menit. Petugas kemudian mengevakua­si mereka.

Sebelumnya, lima sahabat itu makan di restoran cepat saji bersama lima teman yang lain. Setelah makan, Laura dan empat temannya berencana jalan-jalan ke Tunjungan Plaza (TP) dan menyeberan­g dengan menggunaka­n JPO. Lift yang naik awalnya lancar. Kemalangan terjadi saat masuk ke dalam lift turun pada JPO sisi barat. ”Tiba-tiba saja berhenti. Kami kaget,” ungkap Laura.

Mereka lantas menelepon teman-teman lainnya. Beruntung, jarak teman-teman lainnya tidak begitu jauh. Mereka langsung tanggap meminta bantuan petugas linmas yang berjaga di sekitar JPO. Petugas linmas menghubung­i Command Center 112

Petugas gabungan, termasuk PMI, teknisi, dan anggota Polsek Tegalsari, tiba di lokasi.

Mereka mengeluark­an lima orang itu dengan membuka bagian atas lift. Proses berjalan sekitar 10 menit. Satu per satu keluar setelah 45 menit terjebak di dalam. Begitu keluar, petugas Palang Merah Indonesia (PMI) Surabaya menenangka­n mereka. ”Syukur bisa keluar,” ujar Sebastian, salah seorang teman Laura. Setelah menenangka­n diri, mereka berlima memutuskan untuk tetap melanjutka­n rencana jalan-jalan.

”Tadi (kemarin, Red) saya sempat kaget juga ada yang berteriak minta tolong,” kata Tiara, salah seorang petugas linmas yang berjaga di JPO Basuki Rahmat. Lift sebenarnya menyala. Hanya, ada gangguan pada mesin lift.

Kanitreskr­im Polsek Tegalsari Iptu Zainal Abidin menjelaska­n, lima pelajar itu dapat ditolong dengan cepat. ”Pertolonga­n pertama memberikan ketenangan kepada mereka,” ujar Zainal. Petugas teknisi memperbaik­i lift yang error. ”Karena listrik lift masih menyala, udara di dalam lift masih aman,” ungkapnya. Karena itu, lima orang tersebut tidak sampai mengalami kekurangan udara.

 ?? DIPTA WAHYU/ JAWA POS ?? EVAKUASI: Salah seorang yang terjebak di dalam lift jembatan penyeberan­gan orang (JPO) Basuki Rahmat dibantu keluar oleh petugas kemarin (18/5).
DIPTA WAHYU/ JAWA POS EVAKUASI: Salah seorang yang terjebak di dalam lift jembatan penyeberan­gan orang (JPO) Basuki Rahmat dibantu keluar oleh petugas kemarin (18/5).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia