Jawa Pos

Hasil Audit Buruk, Revitalisa­si Pasar Tunjungan Buram

-

SURABAYA – Realisasi revitalisa­si Pasar Tunjungan ibarat panggang jauh dari api. Kondisi keuangan PD Pasar Surya yang sakit-sakitan membuat harapan pedagang akan perbaikan semakin jauh dari kenyataan.

Kondisi itu terlihat dari hasil audit kantor akuntan publik terhadap keuangan PD Pasar Surya. Anggota Badan Pengawas (Bawas) PD Pasar Surya Bambang Supriyadi menyatakan, hasil audit tersebut keluar minggu ini dan telah diserahkan ke pemkot.

Dari hasil audit itu, Bambang membenarka­n bahwa keuangan PD Pasar Surya tidak sehat. Dia sebenarnya sudah menduga. Sebab, sejak terlilit masalah hukum dan tunggakan pajak, kondisi PD Pasar Surya memang belum bisa membaik.

Terkait dengan Pasar Tunjungan, Bambang menerangka­n bahwa semua permasalah­an itu akan ditangani pemkot. Termasuk langkah yang ditempuh untuk perbaikan pasar di jantung Kota Surabaya tersebut. ’’Khusus untuk Pasar Tunjungan, bisa ditanyakan ke pemkot langkahnya,’’ terangnya.

Yang pasti, sejak 2015, pemkot meminta desain revitalisa­si Pasar Tunjungan ke PD Pasar Surya. Permintaan tersebut sudah dipenuhi. Karena itu, langkah selanjutny­a bergantung pemkot.

Bak bola pingpong, pernyataan berbeda disampaika­n Kabag Perekonomi­an Kota Surabaya Khalid. Menurut dia, hingga kemarin (18/5), dirinya belum menerima hasil audit kantor akuntan publik soal PD Pasar Surya.

Karena itu, Khalid belum bisa menyebutka­n langkah apa yang akan dilakukan. Kini, gantian pemkot yang menyatakan masih menunggu langkah PD Pasar Surya terkait penanganan Pasar Tunjungan. ’’Nanti, kalau hasil auditnya sudah diserahkan, PD Pasar Surya menyertaka­n solusi apa yang bisa dilakukan untuk Pasar Tunjungan,’’ terangnya.

Humas Persatuan Pedagang Pasar Tunjungan (P3T) Jalil Hakim menyayangk­an sikap pemkot tersebut. Para pedagang jauh-jauh hari mengetahui bahwa untuk revitalisa­si Pasar Tunjungan, pemkot seharusnya tidak berharap kepada PD Pasar Surya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia