Jawa Pos

Kuota Prodi Diploma ITS 610 Orang

-

SURABAYA – Siswa lulusan SMA/SMK sederajat masih memiliki kesempatan masuk perguruan tinggi negeri (PTN). Sebab, ada jalur seleksi diploma. Misalnya, jalur seleksi masuk program vokasi (SMPV) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS).

Pendaftara­n jalur SMPV tersebut dimulai pada 6 Juni. Tahun ini kuotanya mencapai 610 orang. Ada yang berbeda dalam proses pendaftara­n dan seleksi program diploma tahun ini. Dekan Fakultas Vokasi ITS Prof M. Sigit Darmawan MEng Sc PhD mengatakan, tahun ini pendaftara­n untuk program D-3 maupun D-4 dilaksanak­an serentak. ’’Agar efisiensi waktu dan biaya,” lanjutnya.

Program studi (prodi) yang dibuka pada jalur SMPV ITS tahun ini meliputi satu program sarjana terapan (D-4). Yakni, teknik infrastruk­tur sipil. Untuk program D-3, ada delapan prodi. Yaitu, teknik mesin industri, teknik mesin industri kerja sama disnaker, teknik sipil, teknik elektro otomasi kerja sama disnaker, teknik elektro otomasi, teknik kimia industri, statistika bisnis, dan teknik instrument­asi.

Sigit menjelaska­n, seluruh pendaftara­n bisa dilakukan secara online melalui website smits.its.ac. id. Setiap calon pendaftar bisa memilih maksimal tiga prodi. Pilihan prodi pun bisa dikombinas­ikan antara program D-4 dan D-3. ’’Atau ketiga pilihan untuk program D-3,” ujarnya.

Fakultas Vokasi ITS, lanjut dia, saat ini berupaya membuka program D-4 untuk setiap prodi. Kini, prosesnya sudah memasuki tahap pengiriman proposal ke bidang akademik ITS. ’’Targetnya, tahun depan program D-4 sudah ada untuk semua prodi,” tuturnya.

Sigit menambahka­n, lulusan fakultas vokasi memiliki peluang kerja cukup bagus. Apalagi, masa pelatihan yang didapat untuk program diploma lebih singkat daripada program sarjana. ’’Kalau pelatihan diploma selama satu bulan, sarjana bisa enam bulan,” tuturnya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia