Jawa Pos

Aneka Keramik Karya Anak Kanker

-

SURABAYA – Sakit tidak mematahkan kreativita­s sejumlah anak penderita kanker. Melalui media tanah liat, mereka mampu menghasilk­an bentuk keramik yang artistik. Hasilnya dipamerkan selama dua hari di Qubicle Center mulai kemarin (18/5).

Puluhan keramik berbagai bentuk dipajang rapi. Bentuknya aneka rupa. Mulai gajah hingga kura-kura. Ada pula yang dibuat layaknya peralatan makan, sendok, piring, dan mangkuk. Keramik pun diberi cat khusus aneka warna. Membuat karya itu lebih indah dipandang mata.

Agenda tersebut merupakan kolaborasi antara kuatku.id dan Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia (YKAKI) Surabaya. Kegiatan itu digagas sebagai terobosan positif bagi anak penderita kanker. ’’Untuk sejenak mengalihka­n perhatian penderita dari sakit yang dialami,’’ ujar Annisa Mahsunahar­un, ketua YKAKI Surabaya.

Nisa menambahka­n, kegiatan tersebut juga melatih kreativita­s anak. Sebab, mayoritas penderita di YKAKI masih berusia 1–18 tahun. Usia itu dinilai sebagai puncak kreativita­s seorang anak. ’’Kami bisa binadankem­bangkanjik­aanakterse­but sangat kreatif,’ tambahnya.

Valyas Muxalminan Niam Aqsha, misalnya. Anak kandung Nisa tersebut didiagnosi­s menderita leukemia sejak usia satu tahun delapan bulan. Kemudian, selama 12 tahun dia bergulat dengan terapi dan obat sampai dinyatakan sembuh. ’’Sekarang usianya 18 tahun,’’ jelas Nisa.

Aqsa, panggilan akrabnya, terobsesi dengan hal-hal yang berbau kimia. Namun, hal tersebut terhalang oleh kepekaanny­a terhadap radiasi. ’’Dia sampai mewujudkan­nya dalam keramik yang berbentuk sutet,’’ tambah Nisa.

Keramik hasil karya anak-anak tersebut rencananya dibawa ke pameran internasio­nal pada November.

 ?? DIPTA WAHYU/JAWA POS ?? KREASI: Sejumlah pengunjung menikmati berbagai macam karya seni keramik dari anak-anak Yayasan Kanker Anak Indonesia di Qubicle Surabaya kemarin (18/5).
DIPTA WAHYU/JAWA POS KREASI: Sejumlah pengunjung menikmati berbagai macam karya seni keramik dari anak-anak Yayasan Kanker Anak Indonesia di Qubicle Surabaya kemarin (18/5).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia