Jawa Pos

Kol Sarjito Pimpin Kolatmar

-

SURABAYA – Kepemimpin­an Komando Latih Marinir (Kolatmar) resmi berganti. Kolonel Marinir Sarjito mulai kemarin (18/5) menjabat komandan Kolatmar. Dia menggantik­an Kolonel Marinir Wurjanto yang kini harus menjalani tugas belajar di Lembaga Ketahanan Nasional.

Pelantikan Sarjito berlangsun­g kemarin di Ksatrian Lapangan Apel Sutedi Senaputra, Karang Pilang. Komandan Korps Marinir Mayjen TNI Mar Bambang Suswantono datang dari mabes Jakarta untuk melantik Sarjito. ’’Posisi kolonel (Wurjanto) di Kolatmar yang tugas belajar di Lemhanas harus diisi untuk menjamin terlaksana­nya tugas pembinaan dan operasiona­l,’’ tegas Bambang.

Mantan komandan Pasukan Pengamanan Presiden itu mengisyara­tkan tugas berat Kolatmar. Apalagi, saat ini dilakukan pemekaran pangkalan Marinir di Sorong, Papua Barat (Pasmar-3). Untuk mengisi personel di sana, Kolatmar didapuk untuk menyiapkan personel yang siap pakai.

Selama ini Kolatmar membina 11 pusat latihan (puslat) di Jawa dan Lampung. Di antaranya, Puslat Khusus Grati di Pasuruan, Puslat Pasukan Pendarat Gunungsari di Surabaya, dan Puslat Pendarat Amfibi dan Kesiapan Tempur, serta delapan Puslat Tempur Marinir. Antara lain, Puslatpurm­ar Grati, Purboyo di Malang, Baluran di Situbondo, Antralina di Sukabumi, Lampon di Banyuwangi, Teluk Ratai di Lampung, Bancar di Tuban, dan Pulau Damar di Kepulauan Seribu Jakarta. ’’Dalam waktu dekat kami buat Puslatpurm­ar di Pontianak, Kalimantan Barat. Berikutnya yang pertama di wilayah Indonesia Timur nanti di Sorong,’’ lanjut Bambang.

 ?? SURYO EKO PRASETYO/JAWA POS ?? SOLID: Dari kiri, Kol Mar Sarjito, Dankormar Mayjen TNI Mar Bambang Suswantono, dan Kol Mar Wurjanto di Ksatrian Bhumi Marinir, Karang Pilang, kemarin (18/5).
SURYO EKO PRASETYO/JAWA POS SOLID: Dari kiri, Kol Mar Sarjito, Dankormar Mayjen TNI Mar Bambang Suswantono, dan Kol Mar Wurjanto di Ksatrian Bhumi Marinir, Karang Pilang, kemarin (18/5).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia