Jawa Pos

Proses Lelang di Lima Dinas Terhambat

Pemkab Bakal Umumkan Progres Setiap Bulan

-

SIDOARJO – Progres lelang pengadaan barang dan jasa ternyata sejauh ini baru masuk 210 paket. Jumlah itu belum sesuai target. Dari perencanaa­n pemkab, hingga Mei ini seharusnya sudah ada 376 paket. Lelang molor, program atau proyek-proyek untuk masyarakat pun berpeluang molor.

Dari data Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Pemkab Sidoarjo, 210 paket lelang tersebut terbagi menjadi empat kelompok. Yakni, 8 paket pengadaan barang dan jasa, 49 paket jasa konsultasi badan usaha, 34 paket lelang pekerjaan konstruksi, serta 20 paket lelang jasa lainnya (selengkapn­ya baca grafis).

Sekretaris Daerah (Sekda) Achmad Zaini menjelaska­n, paket lelang yang masuk memang belum sesuai target. Ada kekurangan sekitar 116 paket lelang. Dari pendataan pemkab, ada lima dinas yang lelangnya terhambat. Yakni, dinas pekerjaan umum dan penataan ruang (PUPR), dinas perumahan dan permukiman (perkim), dinas pendidikan dan kebudayaan (dikbud), dinas lingkungan hidup dan kebersihan (DLHK), serta dinas kesehatan.

Di dikbud, misalnya. Tahun ini dikbud juga memiliki pekerjaan fisik. Yakni, pembanguna­n sekolah rusak. Zaini mengatakan, pembanguna­n ruang kelas rusak butuh perencanaa­n. Demikian pula di dinas PUPR. Tahun ini merupakan tahun pembanguna­n fisik. Pemkab akan mengerjaka­n sejumlah proyek besar. Salah satunya pemasangan beton.

Untuk mempercepa­t proses lelang, pemkab menerapkan aturan baru. Ekspose capaian lelang diumumkan setiap bulan. Dengan cara tersebut, setiap organisasi perangkat daerah (OPD) bisa melihat kekurangan proses lelang. Pimpinan OPD pun diharapkan bisa bekerja optimal.

Kepala Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Sanadjitu Sangadji mengatakan, lelang kini memang diumumkan setiap bulan. Berbeda dengan triwulan pertama. ’’Sebelumnya diekspos setiap tiga bulan,’’ ucapnya.

Menurut Sangadji, pekerjaan lelang akan berjalan cepat di triwulan kedua ini. Setelah itu tahap pembanguna­n. Proyek-proyek besar seperti pembanguna­n jalan dan sekolah rusak bakal dimulai awal bulan depan. ’’Kami optimistis akhir tahun nanti anggaran yang tidak terserap lebih sedikit daripada tahun lalu,’’ paparnya.

 ?? BOY SLAMET/JAWA POS ?? BEBAS DARI JERAT HUKUM: Nur Slamet mencium tangan usai Bupati Sidoarjo Saiful Ilah mencabut laporan di Mapolresta Sidoarjo kemarin.
BOY SLAMET/JAWA POS BEBAS DARI JERAT HUKUM: Nur Slamet mencium tangan usai Bupati Sidoarjo Saiful Ilah mencabut laporan di Mapolresta Sidoarjo kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia