Jawa Pos

Surat Suara Beres, TPS Khusus Belum

Proses Produksi Logistik Tuntas

-

SURABAYA – Perhelatan Pilgub Jatim 2018 masih 38 hari lagi. Meski demikian, sejumlah logistik vital untuk fase pemungutan suara mendatang sudah mulai beres. Salah satunya surat suara. Saat ini proses produksi logistik itu dinyatakan telah tuntas.

KPU Jatim sudah mulai melakukan distribusi surat suara dari produsen yang ada di Kabupaten Kudus. Sebagai tahap awal, lembaga penyelengg­ara pilgub Jatim tersebut telah mendistrib­usikan 3.279.918 lembar di antara total 30.909.059 lembar surat suara yang dicetak. ”Saat ini proses distribusi sudah ditangani tim logistik KPU,” kata Komisioner KPU Jatim Khoirul

Anam kemarin (19/5).

Sesuai rencana, surat suara yang telah terdistrib­usi itu dikirim ke enam kabupaten/kota. Proses tersebut akan berlangsun­g secara bertahap hingga distribusi tuntas.

Skema produksi hingga distribusi surat suara yang dibuat juga ketat. Selain melibatkan aparat keamanan, KPU menerjunka­n tim khusus untuk memantau dan mengawal proses pengadaan hingga distribusi. Lewat cara itu, diproyeksi­kan tingkat kesalahan produksi surat suara bisa diminimalk­an. ”Namun, tetap nanti ada tahap penyortira­n sehingga jika ditemukan ada surat suara yang rusak, bisa diganti,” jelas Anam.

Jika surat suara sudah klir, yang sampai saat ini masih belum tuntas adalah persiapan TPS khusus untuk memfasilit­asi hak pilih para pemilih yang butuh penanganan khusus. Mereka adalah pemilih yang tengah menjalani perawatan di rumah sakit/fasilitas kesehatan plus para pemilik hak suara yang berada di lembaga pemasyarak­atan (lapas). Saat ini KPU Jatim masih menyusun skema fasilitasi tersebut. ”Prinsipnya, kami berupaya mengakomod­asi mereka agar bisa menggunaka­n hak pilih,” tambah Ketua KPU Jatim Eko Sasmito.

Terkait hak pilih para penghuni lapas, misalnya, saat ini KPU berkoordin­asi dengan seluruh lembaga yang ada di Jatim.

 ?? TIM PEMENANGAN KHOFIFAH-EMIL FOR JAWA POS ?? EVENT SPESIAL: Khofifah-Emil sahur bareng dengan komunitas ojek online di posko pemenangan di Jalan Diponegoro, Surabaya, kemarin.
TIM PEMENANGAN KHOFIFAH-EMIL FOR JAWA POS EVENT SPESIAL: Khofifah-Emil sahur bareng dengan komunitas ojek online di posko pemenangan di Jalan Diponegoro, Surabaya, kemarin.
 ?? DITE SURENDRA/JAWA POS ?? SERAP ASPIRASI: Saifullah Yusuf berada di Pusat Grosir Surabaya kemarin. Selain menyapa, agenda itu menjadi salah satu cara untuk menyerap aspirasi.
DITE SURENDRA/JAWA POS SERAP ASPIRASI: Saifullah Yusuf berada di Pusat Grosir Surabaya kemarin. Selain menyapa, agenda itu menjadi salah satu cara untuk menyerap aspirasi.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia