Jawa Pos

Karena Lukaku Ogah Jadi Starter

-

JOSE Mourinho sebetulnya sudah menurunkan komposisi yang mendukung strategi ofensif. Buktinya, Mourinho langsung menurunkan trisula di lini depan. Mereka adalah Alexis Sanchez, Marcus Rashford, dan Jesse Lingard. Lalu, ke mana Romelu Lukaku?

Bomber timnas Belgia itu baru diturunkan pada menit ke-73. Dia masuk untuk menggantik­an Rashford. Kenapa disimpan? Ternyata, Lukaku-lah yang meminta Mourinho agar tidak memainkann­ya sebagai starter.

’’Saat seorang pemain tidak siap menjadi starter, pertanyaan­nya, berapa menit yang bisa dimainkann­ya nanti (andai diturunkan, Red),’’ kata Mourinho kepada Sky Sports. ’’Bagaimana saya harus meyakinkan pemain yang tak siap bermain? Itu bukan keputusan yang sulit, itu sangat mudah (diputuskan),’’ lanjutnya.

Diduga, tidak siapnya eks striker Chelsea dan Everton itu dipicu cedera engkel-nya. Cedera tersebut diderita Lukaku saat United menang 2-1 atas Arsenal (29/4).

Nah, karena serangan The Red Devils buntu hingga memasuki menit ke-70, Mou sedikit ’’memaksa’’ Lukaku untuk turun tiga menit berselang. Bahkan, Mourinho menurunkan dua striker sekaligus dengan masuknya Anthony Martial untuk menggantik­an Jesse Lingard pada menit yang sama.

Namun, itu sudah terlambat. Sebab, Chelsea unggul sejak menit ke-22 lewat eksekusi penalti Eden Hazard. Waktu sekitar 20 menit yang dimiliki Lukaku dan Martial tidak cukup untuk membalikka­n atau sekadar menyamakan kedudukan.

’’Saya tahu lawan memiliki kekompakan yang bagus di lini pertahanan. Saya juga tahu, akan sulit memulai pertanding­an tanpa target man. Bahkan, keputusan mendorong Marouane Fellaini dari lini kedua untuk menyerang mereka dengan kekuatan fisiknya juga sulit,’’ tutur mantan pelatih Chelsea, Inter Milan, dan Real Madrid tersebut.

 ?? LEE SMITH/REUTERS ?? BELUM FIT: Romelu Lukaku (kiri) dan Jose Mourinho meninggalk­an lapangan setelah laga kemarin.
LEE SMITH/REUTERS BELUM FIT: Romelu Lukaku (kiri) dan Jose Mourinho meninggalk­an lapangan setelah laga kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia