Jawa Pos

Memilih Pelumas Mobil yang Sesuai dan Berkualita­s

-

BANYAKNYA merek pelumas yang beredar saat ini kerap membuat konsumen bingung saat memilih. Sebab, saat hendak membeli pelumas, pertimbang­an akan karakter kendaraan berikut spesifikas­i mesin belumlah cukup.

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengetahui tingkat kualitas pelumas adalah memilih pelumas yang sesuai dengan persyarata­n atau rekomendas­i dari produsen kendaraan bermotor. Itu bisa menjadi acuan pertama yang dapat digunakan saat hendak memilih pelumas yang berkualita­s.

Karena itu, buku pedoman pemilik kendaraan bermotor perlu dibaca secara saksama. Anda juga bisa bertanya di bengkel-bengkel resmi untuk mengetahui lebih lanjut soal memilih pelumas.

Kemudian, cermati dengan baik, apakah pelumas tersebut sudah mendapatka­n akreditasi dari lembaga atau institusi yang independen atau kompeten, misalnya American Automotive Standards Organizati­on (API), American Gear Manufactur­ers Associatio­n (AGMA), atau persatuan pembuat mesin tertentu. Hal itu bisa menjadi langkah berikutnya. Dengan akreditasi tersebut, Anda tentu merasa lebih mantap.

Anda juga bisa mencari tahu kredibilit­as merek pelumas dengan mengumpulk­an informasi dari mereka yang sudah menggunaka­n satu merek pelumas tertentu. Bukti-bukti atau pengalaman praktis para pemakai pada umumnya bisa menjadi salah satu cara terbaik dalam memilih pelumas. Bagaimanap­un, pengalaman merupakan guru terbaik, bukan? (tih/c11/wir)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia