Jawa Pos

Emil Sahur Bareng Pedagang, Puti Buka Bersama Driver Online

-

SURABAYA – Para kandidat kontestan pilgub Jatim cukup intens memanfaatk­an Ramadan untuk bertemu warga. Misalnya, yang dilakukan cawagub Emil Elestianto Dardak kemarin. Dia mengisi masa kampanye dengan cara blusukan dan sahur bersama masyarakat. Kali ini, lokasi yang dipilih adalah sekitar Pasar Kedungrejo, Waru, Sidoarjo.

Emil mengelilin­gi area pasar yang dini hari itu supersibuk. Tak hanya menyapa pengunjung, dia juga berinterak­si dengan sejumlah pedagang serta pekerja. Bupati nonaktif Trenggalek itu juga mengajak para pedagang serta warga untuk sahur bersama. Mereka juga menyempatk­an diri untuk Subuhan bersama.

Aktivitas menyapa warga saat sahur maupun buka puasa memang menjadi salah satu agenda yang intens dilakukan Emil. ’’Bagaimanap­un, masyarakat ingin meluangkan waktu untuk beribadah. Karena itu, saya dan tim ingin menyapa mereka di momen- momen itu,’’ kata Emil.

Selain mendekatka­n diri, cara tersebut merupakan bagian dari sikap saling menghormat­i. ’’Bahwa Ramadan adalah momen bagi umat Islam untuk beribadah,’’ ujarnya.

Pada bagian lain, calon wakil gubernur Jatim nomor urut 2 Puti Guntur Soekarno kemarin bertemu pengemudi angkutan online. Dia menyampaik­an rencana program-program kerjanya. Antara lain, kesehatan gratis melalui BPJS atau Kartu Jatim Sehat.

Kartu Jatim Sehat dirancang Gus Ipul-Puti untuk memperluas akses pelayanan kesehatan kepada masyarakat dengan dibiayai pemerintah. ’’Kami berdua ingin para pengemudi angkutan mendapatka­n jaminan kesehatan seperti warga umum lain,” kata Puti dalam acara buka puasa bersama kalangan pengemudi angkutan online kemarin.

Acara itu digelar di kawasan Darmo, Surabaya, dan dihadiri Ketua DPRD Surabaya Armuji. Puti menyadari, kesehatan merupakan kebutuhan dasar masyarakat, terlebih bagi pengemudi angkutan. ’’Negara berusaha memenuhi kebutuhan itu dengan anggaran yang dimiliki,” ucap Puti.

Jika terpilih sebagai pemimpin Jatim, Gus Ipul-Puti merencanak­an pemberian Kartu Jatim Sehat untuk melengkapi program kesehatan pemerintah pusat seperti Kartu Indonesia Sehat dan BPJS. ’’Dengan kemampuan anggaran yang dimiliki Jawa Timur, kami berdua ingin warga di provinsi ini dapat seluas-luasnya menikmati fasilitas kesehatan,” jelas Puti.

Dia juga menyinggun­g pendidikan gratis untuk SMAN dan SMKN. Puti menegaskan komitmenny­a untuk memperluas akses pendidikan bagi anak-anak.

 ?? TIM PEMENANGAN KHOFIFAH-EMIL FOR JAWA POS ?? BLUSUKAN SAHUR: Cawagub Emil Dardak menyapa warga dan pedagang Pasar Kedungrejo, Sidoarjo.
TIM PEMENANGAN KHOFIFAH-EMIL FOR JAWA POS BLUSUKAN SAHUR: Cawagub Emil Dardak menyapa warga dan pedagang Pasar Kedungrejo, Sidoarjo.
 ?? TIM PEMENANGAN GUS IPUL-PUTI FOR JAWA POS ?? PEDULI ONLINE: Puti bersama para driver angkutan online di kawasan Darmo, Surabaya.
TIM PEMENANGAN GUS IPUL-PUTI FOR JAWA POS PEDULI ONLINE: Puti bersama para driver angkutan online di kawasan Darmo, Surabaya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia