Jawa Pos

Penerangan Jalan Tidak Rata

-

SURABAYA – Komisi C DPRD Surabaya menyoroti masalah penerangan jalan umum (PJU) dalam rapat hearing dengan dinas kebersihan dan ruang terbuka hijau (DKTRH) kemarin (21/5). Berkali-kali warga dan anggota dewan mengusulka­n bantuan PJU, tetapi hingga kini belum terealisas­i.

’’Saya enggak percaya musrenbang (musyawarah rencana pembanguna­n, Red). Munyer-munyer tidak berkembang,’’ ujar anggota Komisi C Muchammad Machmud. Warga mengusulka­n permintaan bantuan PJU melalui musrenbang sejak lama. Namun, sejumlah jalan di wilayah Surabaya Barat hingga kini masih gelap.

Puncaknya terjadi saat penggerebe­kan teroris di Manukan. Kondisi jalanan gelap karena lampu penerangan jalan tidak ada. Hasilnya, penggerebe­kan dilangsung­kan dengan penerangan jalan seadanya.

Politikus Demokrat tersebut menambahka­n bahwa dirinya sering mengusulka­n langsung permintaan warga itu. Namun, DKRTH hanya mencatat usul tersebut. Machmud semakin kecewa saat mengetahui bahwa anggaran PJU banyak menyasar kawasan-kawasan tengah kota yang sudah terang benderang. Menurut dia, pembanguna­n PJU tidak merata.

Keluhan juga disampaika­n politikus PKB Camelia Habibah. Dia juga berkali-kali meminta pemasangan lampu di kawasan wisata religi Ampel. Namun, hingga kini hanya terpasang dua lampu. ’’Jangan-jangan itu cuma dipasang supaya saya enggak protes,’’ paparnya.

Ipong Wisnoe Wardono, Kabid RTH dan PJU DKRTH, berjanji memperhati­kan usul dewan. Namun, sistem anggaran tahun ini berbeda dengan tahun lalu. ’’Dulu bapak bisa usulkan, lalu kami tindak lanjuti. Ada alokasi sendiri. Sekarang tidak bisa,’’ jelasnya.

Usul dewan tersebut baru bisa masuk saat ada anggaran sisa lelang. Namun, masyarakat harus menunggu karena penganggar­annya melalui proses birokrasi pada APBD perubahan.

 ?? DITE SURENDRA/JAWA POS ?? SIAP DIPASANG: Belasan pipa penerangan jalan umum ditumpuk di sepanjang Jalan Ahmad Yani kemarin.
DITE SURENDRA/JAWA POS SIAP DIPASANG: Belasan pipa penerangan jalan umum ditumpuk di sepanjang Jalan Ahmad Yani kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia