Jawa Pos

Penghargaa­n untuk Pahlawan Masyarakat

-

SURABAYA – Apel Senin yang dilakukan Polres Pelabuhan Tanjung Perak kemarin (21/5) terlihat berbeda. Sebab, 35 orang yang terdiri atas polisi dan warga sipil ikut serta. Mereka mendapatka­n piagam dari Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak AKBP Antonius Agus Rahmanto karena telah membantu membasmi kejahatan.

Di antara puluhan polisi dan warga yang berbaris, Ernik terlihat paling mencolok. Sebab, dia mengenakan kemeja pink. Dia dianggap berjasa karena membantu polisi menghadang jambret.

’’Saya sebenarnya cuma refleks. Subuh-subuh lagi belanja kok ada yang teriak jambret. Saya hadang saja,’’ ungkap perempuan warga Sememi, Benowo, itu ketika ditemui setelah upacara.

Ernik tak menyangka bahwa yang dihentikan sebenarnya oknum jambret yang sudah lama diincar kepolisian. Hampir setiap subuh mereka mengincar sepeda motor yang lewat di kawasan Kalianak hingga Margomulyo.

’’Penjambret tersebut sudah cukup lama meresahkan masyarakat. Berkat bantuan ibu Ernik, kami bisa mengamanka­n mereka,’’ ungkap Agus.

Kanitreskr­im Polsek Asemrowo Iptu Endri Subandrio mengatakan, Ernik jelas berjasa dalam penangkapa­n pada Minggu (13/5). Kebetulan saja, saat subuh memang banyak petugas kepolisian yang bersiaga di Masjid Al Anshor, Kalianak. Mereka sedang mengawal massa yang hendak ikut istighotsa­h masal di Mapolda Jatim.

Ternyata, dua pria spesialis jambret beraksi dan ketahuan. Mereka pun panik dan menabrak pejalan kaki saat berusaha melarikan diri. Motornya terguling. ”Mereka akhirnya memilih berlari. Nah, Hermanto saat itu sudah berhasil ditangkap. Tapi, Bagus masih lolos dan lari,” jelasnya.

Saat itulah, Ernik yang kebetulan di dekat lokasi ikut menghadang. Ernik dan Bagus bertabraka­n. Karena kondisi Bagus sudah menurun setelah tabrakan pertama ditambah Ernik yang berusaha sekuat tenaga memeluk dan menggandol­i tubuhnya, Bagus pun tertangkap polisi.

Kapolres yang baru menjabat selama sebulan itu menyebutka­n bahwa peran masyarakat dalam menangani kejahatan memang harus diapresias­i. Sebab, seberapa kuat aparat kepolisian, kejahatan masyarakat bakal terus berlangsun­g tanpa kesadaran masyarakat.

 ?? MOCHAMAD SALSABYL/JAWA POS ?? TERIMA KASIH: AKBP Antonius Agus Rahmanto menyalami Ernik kemarin.
MOCHAMAD SALSABYL/JAWA POS TERIMA KASIH: AKBP Antonius Agus Rahmanto menyalami Ernik kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia