Jawa Pos

Kertajati Bisa untuk Pesawat Wide Body

Bakal Jadi Lokasi Embarkasi Haji

-

JAKARTA – Bandara Internasio­nal Jawa Barat Kertajati segera dioperasik­an. Rencananya, Presiden Joko Widodo melakukan historical flight di bandara yang terletak di Majalengka itu besok (24/5). ’’Rencananya RI-1 hadir,” ucap Kabaghumas Perhubunga­n Udara Kemenhub Sigit Widodo kemarin (22/5).

Menurut Sigit, rencananya presiden terbang dengan pesawat kepresiden­an. Bukan hanya itu, ada pula rombongan yang menggunaka­n Garuda B737800NG. Bandara Kertajati dimasukkan dalam program strategis nasional (PSN). Sejak 2015 hingga 2017, pembanguna­nnya mengambil dana APBN melalui Ditjen Perhubunga­n Udara.

Anggaran tersebut dipakai untuk membangun konstruksi di sisi udara. Yaitu, berupa runway pavement, taxiway, apron pavement, airfield lighting, dan approach light sampai pagar bandara. Bahkan, tower dan peralatan navigasiny­a juga selesai lengkap. Saat ini pembanguna­n sarana di sisi udara telah selesai.

Bandara Kertajati mampu menampung empat jet wide body

sekelas Boeing B777 atau Airbus A330 dan enam jet narrow body

sekelas B737 NG atau A320. Sigit menambahka­n, ada beberapa bandara yang masih berada dalam pembahasan. Antara lain, Bandara Ahmad Yani Semarang dan Bandara Samarinda Baru.

Direktur Utama Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin menyatakan, dalam pengoperas­ian Bandara Kertajati nanti, pihaknya fokus ke angkutan Lebaran dan haji. ’’Karena memang komitmen pemerintah untuk keberangka­tan haji,’’ ujarnya. Terhitung sejak 24 Mei, kegiatan maskapai efektif.

Hanya, maskapai yang akan masuk ke sana masih harus me- nunggu izin penggunaan slot penerbanga­n dari Kemenhub. ’’Mereka sudah menyatakan komitmen mau masuk. Namun, untuk angkutan Lebaran harus kita pastikan, karena bergantung flight open flow yang harus diajukan maskapai ke Kemenhub untuk izin penggunaan slot untuk terbang,’’ imbuhnya. Sedangkan embarkasi kemungkina­n bisa dilakukan pada Juli untuk 2.000 penumpang dari Subang dan Majalengka.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia