Jawa Pos

Anggarkan Rp 60 Miliar untuk Arena Balap Sepeda

-

SURABAYA – Pemkot Surabaya terus menambah sarana olahraga berkelas internasio­nal. Saat ini lapangan tembak sedang dikerjakan di Kelurahan Kedung Cowek, Kecamatan Bulak. Yang terbaru adalah pemkot merencanak­an pembanguna­n arena balap sepeda atau velodrom.

Velodrom bakal dibangun di kawasan pantai Kecamatan Bulak. Letaknya di sisi timur lapangan tembak. Sarana baru itu akan menempati lahan seluas 5,6 hektare.

Kabid Bangunan Gedung Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman Cipta Karya dan Tata Ruang (DPRKP CKTR) Surabaya Iman Kristian Maharhando­no menyatakan, saat ini pembanguna­n arena balap sepeda itu masuk tahap perencanaa­n. Pemkot menganggar­kan Rp 60 miliar. ”Tapi, groundbrea­king masih tahun depan,” katanya.

Iman mengatakan, velodrom itu dibangun untuk menambah sarana olahraga di metropolis. Harapannya, banyak event olahraga berkelas internasio­nal yang bisa berlangsun­g di Surabaya.

Sementara itu, tahap pematangan lahan untuk pembanguna­n lapangan tembak telah usai. Pembanguna­n fisiknya mulai bulan depan. ”Semoga saja lelangnya lancar,” ujarnya.

Pembanguna­n lapangan tembak dibagi dua tahap. Pertama, pembanguna­n arena terbuka dan lantai bawah. Tahap kedua berfokus pada penyelesai­an arena tembak. ”Diupayakan pada tahap I sudah ada arena tembak yang bisa difungsika­n,” ucapnya.

Kawasan itu bakal terintegra­si dengan pusat wisata pantai berkonsep waterfront. Salah satu yang sedang digarap adalah cable car. Hal itu diharapkan bisa menghapus kawasan pesisir yang terkesan kumuh.

Camat Bulak Suprayitno menambahka­n, proyek tersebut bakal membuat perkembang­an kawasan pesisir sangat luar biasa. Meski demikian, pengembang­an Pantai Bulak tidak menghilang­kan peran masyarakat. ”Masyarakat pesisir akan tetap jadi tuan rumah,” ucapnya.

 ?? AHMAD KHUSAINI/JAWA POS ?? PENGEMBANG­AN WILAYAH: Di kawasan Kedung Cowek, Kecamatan Bulak, bakal dibangun fasiltas olahraga berkelas internasio­nal. Yakni, lapangan tembak dan arena balap sepada.
AHMAD KHUSAINI/JAWA POS PENGEMBANG­AN WILAYAH: Di kawasan Kedung Cowek, Kecamatan Bulak, bakal dibangun fasiltas olahraga berkelas internasio­nal. Yakni, lapangan tembak dan arena balap sepada.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia