Jawa Pos

Red Bull Mengerikan!

Ricciardo Pecahkan Rekor Lap Monaco

-

MONTE CARLO – Prediksi bahwa ban hypersoft bakal memecahkan rekor lap pada grand prix Monaco langsung terbukti. Bintang Red Bull Daniel Ricciardo membukukan catatan lap terbaik di Sirkuit Jalanan Monte Carlo pada latihan bebas hari pertama.

Ricciardo sudah membukukan rekor lap baru pada sesi latihan pagi (FP1). Dia terus menajamkan catatan waktunya yang sangat signifikan pada FP2. Lap terbaiknya adalah 1 menit 11,841 detik. Torehan tersebut lebih cepat daripada rekan setimnya, Max Verstappen, dengan selisih 0,194 detik. Bintang Ferrari Sebastian Vettel menjadi yang paling dekat dengan dua jagoan Red Bull tersebut. Namun, jaraknya sangat lebar, yakni 0,572 detik.

Red Bull langsung menunjukka­n potensinya sebagai favorit juara di Monaco. Dua pembalap skuat Milton Keynes terse,but mendominas­i papan atas daftar pembalap tercepat. Memasuki bagian akhir sesi, Daniel Ricciardo membukukan waktu terbaiknya 1 menit 12,178 detik. Catatan itu sudah lebih cepat daripada waktu yang ditorehkan Kimi Raikkonen (Ferrari) pada FP3 GP Monaco tahun lalu.

Ricciardo kemudian menajamkan catatan waktunya menjadi 1 menit 12,126 detik. Dia berselisih 0,1 detik dari catatan pole position yang diraih Raikkonen di Monte Carlo musim lalu. Ricciardo mengalahka­n catatan waktu Verstappen yang terpaut 0,154 detik lebih lambat. Verstappen merupakan pembalap pertama yang sukses membobol catatan waktu di bawah 1 menit 13 detik.

Pembalap yang paling dekat dengan duo Red Bull adalah bintang Mercedes Lewis Hamilton yang berada di posisi ketiga. Namun, jaraknya cukup jauh, yakni 0,354 detik. Hasil itu seperti prediksi Hamilton. Dia mengatakan bahwa Red Bull akan kuat di Monaco. Wheelbase mobil Mercedes dan Ferrari yang lebih panjang dari tahun lalu akan menyulitka­n mereka mengarungi Sirkuit Jalanan Monaco yang sempit. ’’Mereka (Red Bull) sangat kuat di sektor terakhir,’’ ucap Hamilton.

Verstappen sudah memprediks­i bahwamobil­nyapunyaka­nsbesar untukmenan­gdiMonacot­ahunini. ’Banyak tikungan lambat di Monaco. Sektor terakhir sangat cocok untukkami.Jadi,kamimempre­diksi ini akan menjadi akhir pekan yang bagus,’ ucap Verstappen.

Pada FP2, pembalap Red Bull bahkan menjadi yang tercepat di semua sektor. Ricciardo melibas sektor pertama dengan waktu 18,9 detik. Sementara itu, Verstappen mencatatka­n waktu 18,8 detik. Hanya pembalap Red Bull yang mampu melintasi sektor pertama di bawah 19 detik.

Jika melihat solidnya statistik tersebut, mereka akan sangat rugi jika tidak bisa memenangi balapan di Monaco andai insiden tabrakan di GP Azerbaijan terulang. Saat itu Ricciardo dan Verstappen bertabraka­n. Apalagi, Baku dan Monaco sama-sama sirkuit jalanan.

 ?? JUN QIAN/JAWA POS ?? FAVORIT JUARA: Bintang Red Bull Daniel Ricciardo mencatat waktu tercepat pada latihan bebas hari pertama GP Monaco di Sirkuit Jalanan Monte Carlo kemarin.
JUN QIAN/JAWA POS FAVORIT JUARA: Bintang Red Bull Daniel Ricciardo mencatat waktu tercepat pada latihan bebas hari pertama GP Monaco di Sirkuit Jalanan Monte Carlo kemarin.
 ?? BOBBY ARIFIN/JAWA POS ?? LEGENDA: Wartawan Jawa Pos Candra Kurnia bersama pembalap uji Williams Robert Kubica.
BOBBY ARIFIN/JAWA POS LEGENDA: Wartawan Jawa Pos Candra Kurnia bersama pembalap uji Williams Robert Kubica.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia