Jawa Pos

Persiapan Mepet, Timnas Voli Juara di Vietnam

-

HAN NAM – Tim nasional voli putra Merah Putih mampu tampil optimal pada tryout menjelang Asian Games 2018 di Vietnam kemarin. Sempat tertatih-tatih pada laga perdana, Rendy Tamamilang dkk sukses merengkuh titel juara Lien Viet Post Bank Cup 2018.

Timnas Indonesia berhasil mengandask­an Thailand pada partai final dengan skor 3-1 (31-33, 25-18, 25-22, 25-23). Kemenangan tersebut adalah kali kedua skuad asuhan Samsul Jais itu mempecunda­ngi tim Negeri Gajah Putih dalam turnamen yang diikuti enam negara tersebut.

Sebelumnya, Indonesia berhasil mengalahka­n Thailand dengan skor 3-0 (25-23, 25-22, 25-22) pada babak round robin di hari ketiga. Tentu, gelar juara tersebut menjadi modal berharga tim menyambut pergelaran multievent terbesar se-Asia itu.

Pelatih timnas voli putra Samsul Jais mengungkap­kan, raihan anak didiknya tersebut sungguh di luar dugaan. Sebab, mereka baru berkumpul menjalani pemusatan latihan selama dua bulan. Negara-negara kuat seperti Kazakhstan, Tiongkok, dan Thailand sempat membuat angan menjuarai turnamen tersebut sulit diwujudkan.

”Anak-anak bermain sangat bagus di final. Mereka mempelajar­i betul kesalahan-kesalahan yang dilakukan di setiap pertanding­an dan memperbaik­inya di laga berikutnya,” ucap pelatih asal Palembang itu saat dihubungi Jawa Pos tadi malam.

Pada game pertama, kedua tim bermain sangat ketat. Sama-sama bermain taktis, skor keduanya saling menyusul. Indonesia maupun Thailand berusaha menerapkan blok yang cukup baik. Namun, pada game selanjutny­a, penampilan Thailand justru mengendur. Spike menyilang Sigit Ardian yang mengarah ke sisi kiri pertahanan lawan menyudahi pertanding­an sekaligus memberikan kemenangan untuk tim tanah air.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia