Jawa Pos

Singo Lepas dari Juru Kunci

-

MALANG – Status juru kunci yang membelengg­u Arema FC akhirnya lepas pada pekan ke-11 Liga 1 tadi malam. Klub berjuluk Singo Edan itu naik satu peringkat setelah kemenangan 1-0 atas sesama tim papan bawah, PSIS Semarang, di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang.

Meski begitu, Arema belum bisa berpuas diri. Sebab, mereka masih berada di zona degradasi. Namun, peluang untuk lepas dari zona degradasi sebelum Lebaran terbuka. Sebab, pada pekan berikutnya, mereka akan menghadapi Perseru Serui yang terusir bermain di Stadion Gajayana, Malang (6/6).

Lagi-lagi striker Dedik Setiawan menjadi pahlawan Arema. Memanfaatk­an umpan terobosan gelandang Ahmet Atayew, pemain asli Malang itu sukses menjebol gawang PSIS yang dikawal Jandia Eka Putra (37’). Sebelumnya, saat menang 4-0 atas Bhayangkar­a FC, gol Dedik juga berasal dari umpan pemain asal Turkmenist­an itu.

Sejatinya PSIS mampu bangkit pada babak kedua. Berambisi mencuri poin, tim berjuluk Mahesa Jenar itu gencar melakukan serangan. Total 13 tembakan dilesatkan, hanya dua yang tepat sasaran. Striker Hari Nur Yulianto juga sering gagal memaksimal­kan peluang yang didapat. ”Kami sedih karena kehilangan poin. PSIS sebenarnya bermain lebih bagus. Mungkin babak pertama pemain PSIS respek kepada Arema sehingga permainan tidak berkembang,” ujar pelath PSIS Vincenzo Alberto Annese.

Strategi bertahan yang diterapkan Petrovic pada babak kedua memang ampuh. Tak ingin kecolongan, Singo Edan disiplin mengawal pertahanan. Kiper Joko Ribowo juga layak diapresias­i. Sebab, kiper bernomor punggung 33 itu beberapa kali menggagalk­an peluang PSIS. Ini juga menjadi kali kedua bagi Joko Ribowo clean sheet.

”Saya berterima kasih kepada pemain. Ini pertanding­an yang keras bagi kami. PSIS bermain bagus, pelatihnya menerapkan strategi yang baik. Tapi, kami hanya memiliki satu pilihan, yakni menang,” ucap Petrovic.

Petrovic tidak ingin skuadnya terlena dengan hasil tadi malam. Pelatih asal Serbia itu memilih fokus ke laga selanjutny­a. Ya, jika ingin keluar dari zona degradasi, Arema wajib menang saat bentrok dengan Perseru yang saat ini berada di posisi ke-13 dengan 14 poin.

 ?? MUBAROK/RADAR MALANG ?? ON FIRE: Striker Arema Dedik Setiawan mengelabui kiper PSIS Jandia Eka di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, tadi malam.
MUBAROK/RADAR MALANG ON FIRE: Striker Arema Dedik Setiawan mengelabui kiper PSIS Jandia Eka di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, tadi malam.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia