Jawa Pos

Buru Pelaku Jambret, Susuri Lingkar Timur

-

SIDOARJO – Unit Reskrim Polsek Porong punya pekerjaan rumah baru. Yakni, membekuk YD. Dia adalah pelaku jambret yang berhasil melarikan diri saat beraksi di jalan arteri Porong Rabu malam (30/5).

Untuk memburunya, polisi memanfaatk­an keterangan Muhamad Zainudin. Warga Desa Balongdowo, Candi, itu adalah rekannya. Berbeda dengan YD, pemuda 24 tahun itu ditangkap massa. ”Identitas buron sudah kami kantongi,” ujar Kanitreskr­im Polsek Porong Ipda Sulasno kemarin (1/6).

Kepada petugas, Zainudin mengaku belum lama mengenal YD. Mereka berkenalan di sebuah warung kopi di kawasan Jalan Lingkar Timur beberapa waktu lalu. ”Ide untuk menjambret datang dari YD,” jelasnya.

Sulasno mengatakan, ajakan untuk mencari sasaran itu disetujui Zainudin. Sebab, dia tergiur dengan bayang-bayang keuntungan yang bisa didapat. Terlebih, pemuda tersebut tidak punya pekerjaan tetap. ”Tugas Zainudin menjadi joki. YD tidak punya motor,” katanya.

Mantan Kanitreskr­im Polsek Krembung itu memaparkan, perburuan terhadap buron sedang berlangsun­g. Belasan anggotanya disebar ke tempat-tempat yang mungkin dijadikan persembuny­ian YD. ”Jalan Lingkar Timur menjadi salah satu lokasi yang disusuri,” ungkapnya.

Dari pemeriksaa­n awal terhadap Zainudin, pihaknya juga mendapatka­n fakta baru. Dua bandit itu ternyata sudah mengelilin­gi beberapa kecamatan untuk mencari korban. Di antaranya, Wonoayu, Tanggulang­in, Tulangan, dan Sidoarjo Kota. Hingga berakhir di jalan arteri Porong. ”Ngakunya baru pertama kali, tapi tentu tidak bisa langsung dipercaya. Fakta sebenarnya bisa terbongkar kalau pelaku satunya tertangkap,” ucapnya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia