Jawa Pos

Pariwisata Tertopang Rute Baru

-

JAKARTA – Perkembang­an jumlah wisatawan mancanegar­a (wisman) sangat dipengaruh­i faktor musiman. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, pada April lalu jumlah kunjungan wisman mencapai 1,30 juta kunjungan. Jumlah tersebut meningkat 11,04 persen jika dibandingk­an April tahun lalu yang tercatat 1,17 juta kunjungan. Namun, jika dibandingk­an Maret 2018, terjadi penurunan 4,59 persen.

Menurut Kepala BPS Suhariyant­o, penurunan jumlah kunjungan wisman secara month-to-month (mtm) lebih disebabkan faktor musiman. ’’Ada penurunan cukup besar di pintu masuk Tanjung Mas dan Tanjung Benoa. Namun, di Ngurah Rai meningkat cukup tajam,’’ ujarnya di gedung BPS, Jakarta, kemarin (4/6).

Namun, dia menekankan, jika dibandingk­an secara year-on-year (yoy), terjadi peningkata­n yang cukup lumayan. Kenaikan tersebut terjadi karena adanya tambahan penerbanga­n langsung di beberapa kota. Jumlah kunjungan itu terdiri atas wisman yang berkunjung melalui pintu masuk udara dengan 847,15 ribu kunjungan, pintu masuk laut 236,83 ribu kunjungan, dan pintu masuk darat 216,75 ribu kunjungan.

Dia menambahka­n, dari 1,30 juta kunjungan wisman yang datang selama April 2018, paling banyak berasal dari wilayah Asia (selain ASEAN), yakni 488,3 ribu kunjungan. Kemudian, diikuti wilayah ASEAN 447,4 ribu kunjungan dan Eropa 166,3 ribu kunjungan. Menurut kebangsaan, kunjungan wisman yang datang ke Indonesia paling banyak berasal dari Malaysia, yakni 215,3 ribu kunjungan. Kemudian, disusul Tiongkok dengan 185,2 ribu kunjungan dan Timor Leste 150,8 ribu kunjungan.

Posisi Malaysia menggeser Tiongkok yang biasanya menduduki peringkat pertama untuk kunjungan wisman terbanyak ke Indonesia. Menurut Suhariyant­o, ada beberapa faktor yang memengaruh­i melonjakny­a jumlah turis asal negeri jiran tersebut. Salah satunya tambahan beberapa rute baru penerbanga­n langsung dari Malaysia ke Indonesia.

’’Ada pembukaan baru. Misalnya, di Pontianak– Miri dan Pontianak–Kuching. Itu salah satu faktor yang memudahkan turis Malaysia datang ke sini,’’ jelasnya.

 ?? JOHANNES P. CHRISTO/REUTERS ?? TUJUAN FAVORIT: Sejumlah turis menikmati sunset di Tanah Lot, Tabanan, Bali.
JOHANNES P. CHRISTO/REUTERS TUJUAN FAVORIT: Sejumlah turis menikmati sunset di Tanah Lot, Tabanan, Bali.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia