Jawa Pos

Brasileiro Pertama Era Mourinho

-

MANCHESTER – Andreas Pereira. Ya, hanya Andreas-lah Brasileiro di Manchester United-nya Jose Mourinho dua musim terakhir. Namun, anak muda berjuluk El Gato itu tak pernah menghiasi skuad Mourinho. Sebab, dalam dua musim terakhir, dia harus membela klub lain dengan status pinjaman. Satu musim di Granada (2016–2017) dan musim lalu di Valencia.

Nah, musim ini impian Mourinho untuk memiliki Brasileiro segera terwujud. Mourinho semakin ngebet untuk mendatangk­an pemain Brasil setelah melihat performa Samba bersama pelatihnya, Tite. Dia kepincut dengan kekuatan second line Canarinho, julukan timnas Brasil di era Tite. ’’Sebab, pada era Tite, mereka mampu memainkan permainan ofensif dan defensif yang sama bagusnya. Dan, itu karena pemain asli Brasil-nya. Mereka akan jadi tim paling ditunggu di Piala Dunia,’’ tutur Mourinho yang menjadi pundit di Piala Dunia nanti kepada GQ.

Dan, benar. Kemarin WIB (4/6) Fred menjadi Brasileiro pertama yang tiba di Carrington –kamp latihan United. Gelandang timnas Brasil itu datang langsung dari Liverpool atau setelah membela Brasil dalam laga uji coba melawan Kroasia. Gelandang berusia 24 tahun tersebut diyakini hadir untuk menjalani tes medis sebelum menuntaska­n transfer bernilai GBP 52,5 juta (Rp 975,2 miliar).

Fred didatangka­n untuk menutupi lubang yang ditinggalk­an Michael Carrick. Gelandang box-to-box seperti dia bisa turun sebagai holding midfielder bersama Nemanja Matic ketika The Red Devils memainkan formasi 4-2-3-1. Atau, jika dengan 4-3-3, Fred dapat berpasanga­n dengan Paul Pogba. Di formasi ini, Fred bisa bermain sedikit di depan Matic. Postur Fred yang hanya 169 sentimeter memang menjadi handicap saat duel udara. Namun, Matic bisa menutupiny­a.

Nah, sembari menuntaska­n misi transfer pertama dengan Fred, gelandang Brasil lain sudah masuk daftar operasi United. Adalah Anderson Talisca yang menjadi next target United.

Bedanya dengan Fred, gelandang Besiktas itu berkarakte­r lebih menyerang. Talisca menjadi bidikan untuk mempertaja­m serangan United. Namun, United harus bersaing dengan Liverpool. United juga harus menyiapkan dana sebesar EUR 40 juta (Rp 651,6 miliar).

Berbicara kepada Globo, Fred mengaku terbang ke Manchester untuk menemui rekannya. Gabriel Jesus, salah satunya. ’’Agenku masih terus berusaha memastikan­nya,’’ ucap Fred soal rumor transferny­a ke United.

Di sisi lain, Tite mendukung rencana transfer Fred. Dia bahkan mendesak United dan Fred segera menuntaska­n negosiasi dalam pekan ini. ’’Jadi, kepalanya (Fred) bisa kembali kepada kami dan fokus ke timnas untuk Piala Dunia,’’ pesan Tite.

 ?? PETER POWELL/EPA ?? TINGGAL TEKEN: Fred ketika tampil melawan Kroasia pada laga uji coba di Anfield, Liverpool, Minggu lalu (3/6).
PETER POWELL/EPA TINGGAL TEKEN: Fred ketika tampil melawan Kroasia pada laga uji coba di Anfield, Liverpool, Minggu lalu (3/6).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia