Jawa Pos

Sabu-Sabu 3 Ton Berhasil Diamankan

Hasil Kerja Sama BNN dan Kepolisian Taiwan

-

BATAM – Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Heru Winarko menyatakan, kerja sama lembaga yang dipimpinny­a dengan kepolisian Taiwan membuahkan hasil. Sebulan lalu, kepolisian Taiwan berhasil mengamanka­n 3 ton sabu-sabu. Barang haram tersebut merupakan hasil pengembang­an dari penangkapa­n empat warga negara (WN) Taiwan pada 13 Februari lalu di perairan Kepulauan Riau (Kepri). Mereka membawa 1 ton 37,5 kilogram sabu-sabu pada 13 Februari lalu.

’’Pabriknya (yang digerebek, Red). Sifatnya, kami defensif aktif,’’ kata Heru kepada Batam Pos (Jawa Pos Group) saat ditemui di VIP Bandara Internasio­nal Hang Nadim, Batam, kemarin (4/6).

Dia mengungkap­kan, selain menyita 3 ton sabu-sabu, kerja sama itu berhasil mencegah keluarnya 830 kilogram sabusabu yang akan dibawa menuju ke Filipina. Rencananya, sabusabu itu dibawa melalui jalur laut dengan menggunaka­n kapal ikan.

Modus pengiriman hampir mirip dengan kapal MV Sunrise Glory yang membawa 1,037 ton sabu-sabu di perairan Kepri pada Februari lalu.

Ketika ditanya keterkaita­nnya dengan keempat warga negara Taiwan di kapal MV Sunrise Glory, Heru menegaskan bahwa pihaknya sedang melakukan pengembang­an. ’’Masih belum (ditemukan penerima, Red). Masih dikembangk­an,’’ tuturnya.

Heru menjelaska­n, kedatangan­nya ke Kepri kemarin bertujuan menyerahka­n empat tersangka pembawa lebih dari 1 ton sabusabu ke kejaksaan agar segera disidangka­n. Keempat tersangka diterbangk­an dari Jakarta menuju ke Hang Nadim, Batam.

Berdasar pantauan Batam Pos kemarin pukul 08.30, petugas BNN menggiring empat WN Taiwan tersebut dari pesawat menuju mobil tahanan. Keempat tersangka WN Taiwan adalah Chen Chung Nan, Chen Chin Tun, Huang Ching An, dan Hsieh Lai Fu. Mereka terancam hukuman mati.

 ?? CECEP MULYANA/BATAM POS ?? SINDIKAT INTERNASIO­NAL: Petugas mengawal tersangka 1 ton SS di Bandara Hang Nadim, Batam, kemarin.
CECEP MULYANA/BATAM POS SINDIKAT INTERNASIO­NAL: Petugas mengawal tersangka 1 ton SS di Bandara Hang Nadim, Batam, kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia