Jawa Pos

Sepuluh Instansi Kejar WBM-WBBK

-

GRESIK – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gresik bertekad meraih predikat wilayah bebas korupsi (WBK) dan wilayah birokrasi bersih melayani (WBBM). Sepuluh organisasi perangkat daerah (OPD) ditarget segera mampu mewujudkan­nya.

Instansi OPD itu ialah badan kepegawaia­n daerah (BKD); badan pendapatan, pengelolaa­n keuangan dan aset daerah (BPPKAD); dinas pendidikan; dinas penanaman modal dan PTSP; serta dinas kependuduk­an dan catatan sipil. Kemudian, dinas tenaga kerja; dinas perhubunga­n; RSUD Ibnu Sina; bagian layanan pengadaan barang dan jasa; serta Kecamatan Gresik dan Sangkapura di Pulau Bawean.

Tekad tersebut ditandai dengan tanda tangan komitmen pimpinan sepuluh OPD dengan Bupati Gresik Sambari Halim Radianto di Kantor Pemkab Gresik kemarin (4/6). Juga Wabup Moh. Qosim dan Sekda Djoko Sulistio Hadi, anggota Forkopimda Gresik, serta Ketua Saber Pungli Wakapolres Kompol Wahyu Priesta Utama.

Salah satu isinya ialah komitmen tidak melakukan pungutan liar (pungli), apalagi korupsi. Sambari menyatakan, sejak dilantik pertama menjadi bupati pada 2010, dirinya sudah bertekad agar Gresik menjadi WBK dan WBBM.

Dia mencontohk­an saat itu rekrutmen CPNS pada 2010. ’’Kami sudah menerapkan perekrutan CPNS dengan seleksi murni,’’ kata Sambari. Sejak saat itu juga, mutasi pejabat harus sesuai dengan aturan. ’’Bahkan, saya menantang kalau menjumpai ada hal yang tidak jujur, misalnya pakai pelicin, segera laporkan saya. Akan kami beri hadiah,’’ tegasnya.

Sekretaris Deputi Bidang Reformasi Birokrasi Akuntabili­tas Aparatur dan Pengawasan Kementeria­n Pendayagun­aan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN RB) Didid Noordiatmo­ko menyatakan, tolok ukur pencananga­n WBK dan WBBM tersebut adalah terlayanin­ya masyarakat dengan lebih baik.

Selanjutny­a, kata Didid, membangun sistem birokrasi yang baik. ’’Nanti saya bertanya kepada masyarakat, seberapa perubahan yang mereka dapatkan,’’ ucapnya.

 ?? CHUSNUL CAHYADI/JAWA POS ?? TEKAD BERSIH: Dari kanan, Joko Sulistio Hadi, Didid Noordiatmo­ko, Moh. Qosim, dan Bupati Sambari menyaksika­n para kepala OPD menandatan­gani komitmen WBK-WBBM di Kantor Pemkab Gresik kemarin.
CHUSNUL CAHYADI/JAWA POS TEKAD BERSIH: Dari kanan, Joko Sulistio Hadi, Didid Noordiatmo­ko, Moh. Qosim, dan Bupati Sambari menyaksika­n para kepala OPD menandatan­gani komitmen WBK-WBBM di Kantor Pemkab Gresik kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia