Jawa Pos

Kampanye Lingkungan dengan Kostum Daur Ulang

-

SURABAYA – Beragam kostum daur ulang diperagaka­n para mahasiswa di depan Savana Psikologi Universita­s Surabaya (Ubaya) kemarin (4/6). Mereka berkelilin­g di halaman kampus sekaligus berkampany­e tentang kerusakan lingkungan. Kegiatan tersebut dilaksanak­an sekaligus untuk memperinga­ti Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang jatuh hari ini.

Salah satunya, kostum gajah dengan belalai yang terpotong. Kostum tersebut dibuat untuk merepresen­tasikan isu anak gajah betina yang belalainya dipotong pemburu liar di Lampung. Peristiwa itu pun menyita perhatian dunia.

Afinda Hari Wahyudi, salah seorang anggota tim desainer, menyatakan bahwa ide tersebut terinspira­si dari baby Erin, seekor bayi gajah betina, yang menjadi korban pemburu liar. Melalui kostum itu, dia beserta tim ingin berkampany­e kepada masyarakat agar bersama-sama melindungi gajah yang kini masuk kategori satwa langka. ’’Kami berharap tidak ada lagi perburuan liar di Indonesia. Gajah adalah satwa yang harus dilindungi dan dilestarik­an,’’ katanya.

Dalam pembuatann­ya, Afinda dan rekannya menggunaka­n 100 persen bahan daur ulang. Mulai kerangka besi bekas, helm yang tidak terpakai, kertas semen bekas, bubur kertas, kertas gulung, hingga lem tembak yang dibuat seperti darah untuk belalai gajah. Setelah dibentuk, kerangkany­a dikuatkan dengan semen agar lebih lekat. ’’Kurang lebih butuh waktu tiga sampai empat hari untuk pembuatan,’’ ujar mahasiswa semester II jurusan desain manajemen produk dan desain fashion produk lifestyle itu.

Dosen Fakultas Industri Kreatif Ubaya Prayogo Widyastoto Waluyo menambahka­n, desain produk daur ulang tersebut adalah bagian project mata kuliah nirmana. Setiap mahasiswa harus membuat desain produk dari bahan recycle. ’’Ini bentuk awareness dari mahasiswa terhadap isu kerusakan lingkungan. Kami juga ingin masyarakat mulai sadar bahwa lingkungan hidup kita sudah banyak yang rusak, baik air, darat, maupun udara,’’ tuturnya.

 ?? GHOFUUR EKA/JAWA POS ?? KERUSAKAN ALAM: Beberapa mahasiswa berkelilin­g di halaman kampus Ubaya dengan mengenakan kostum daur ulang untuk memperinga­ti Hari Lingkungan Hidup Sedunia kemarin.
GHOFUUR EKA/JAWA POS KERUSAKAN ALAM: Beberapa mahasiswa berkelilin­g di halaman kampus Ubaya dengan mengenakan kostum daur ulang untuk memperinga­ti Hari Lingkungan Hidup Sedunia kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia