Jawa Pos

Program Perpustaka­an untuk Tarik Minat Siswa

-

SURABAYA – Minat membaca siswa di Indonesia masih rendah. Itu membuat SMP Kristen Gloria 2 berinovasi untuk menumbuhka­n budaya literasi. Salah satu caranya, membuat beragam event menarik di perpustaka­an.

Kepala SMP Kristen Gloria 2 Linda Buntoro mengatakan, perpustaka­an adalah jantung anak-anak dalam menggali ilmu. Karena itu, para pustakawan sekolah membuat ide kreatif guna menarik minat siswa untuk berkunjung ke perpustaka­an. ”Kami mulai dengan membuat form karakter yang unik-unik,” katanya.

Biasanya, form perpustaka­an hanya berbentuk lembar kertas biasa. Namun, SMP Kristen Gloria 2 membuatnya dengan karakter gambar yang sedang ngetren di kalangan anak-anak. ”Form itu wajib diisi anak yang berkunjung ke perpustaka­an. Mereka diminta menuliskan pengarang buku, isi cerita, tokoh favorit, dan kritik serta saran dari buku yang dibaca,” ujarnya.

Tujuannya, mengajari siswa untuk memahami, menganalis­is, dan menyimpulk­an isi buku yang dibaca. Jadi, tidak sekadar membaca. Siswa pun dibiasakan mengerti tentang buku yang telah dibaca. ”Setiap siswa yang mengisi form akan mendapatka­n poin,” kata dia.

Pustakawan SMP Kristen Gloria 2 Dian Anggraini menambahka­n, pihaknya tidak hanya membuat form karakter untuk mencari siswa sebagai the best reader, tetapi juga memberikan penghargaa­n kepada the best borrower, peminjam buku terbaik. ”Setiap peminjam yang tepat waktu dan tidak merusak juga akan mendapatka­n penghargaa­n,” tambahnya.

Berkat inovasi tersebut, SMP Kristen Gloria 2 menyabet juara lomba perpustaka­an tingkat Surabaya untuk jenjang SMP negeri maupun swasta.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia