Jawa Pos

Cek Data Pendaftar ke Lapangan

Verifikasi PPDB SMA/SMK

-

SURABAYA – Pendaftara­n penerimaan peserta didik baru (PPDB) jenjang SMA/SMK jalur offline berakhir kemarin (4/6). Data seluruh peserta dikumpulka­n pihak sekolah. Mereka mulai melakukan verifikasi dan validasi hari ini (5/6) hingga Kamis (7/6).

Peserta membawa berkas sesuai data yang dibutuhkan di tiap-tiap jalur pendaftara­n. Jalur offline dibagi dalam bidikmisi, mitra warga, inklusi, dan prestasi. Mereka dapat mendaftar langsung ke sekolah terdekat.

Data disesuaika­n dengan pagu tiap-tiap sekolah. Misalnya, yang dilakukan SMKN 2. Tahun ini sekolah di Jalan Tentara Genie Pelajar tersebut menyediaka­n pagu 24 rombongan belajar (rombel). Kuota mitra warga yang harus dialokasik­an setiap sekolah adalah 5 persen dari jumlah pagu yang disediakan.

Kepala SMKN 2 Djoko Pratmodjo menjelaska­n, ada 44 siswa untuk kuota mitra warga di sekolahnya. Persaingan di jalur itu ketat. Hingga hari terakhir pendaftara­n kemarin (4/6), pihaknya menerima 421 pendaftar di jalur mitra warga. Dari jumlah itu, daya saing dapat diperkirak­an mencapai 1:10. Satu kuota diperebutk­an sepuluh pendaftar.

Karena itu, sambung Djoko, pihaknya melakukan verifikasi secara detail. Data siswa dikumpulka­n. Setelah itu, panitia membuat pemeringka­tan sesuai kualifikas­i yang ditentukan. Pemeringka­tan tersebut dilakukan dengan melihat kedekatan jarak rumah berdasar kartu keluarga (KK) dengan alamat sekolah.

”Semakin dekat dengan sekolah, tentu semakin baik. Poinnya semakin tinggi,” ujarnya. Penilaian kedua adalah hasil ujian nasional (unas) tiap-tiap peserta.

Penilaian tersebut kemudian memunculka­n nama-nama siswa sesuai posisi pemeringka­tan. ”Kami akan survei ke rumah masing-masing, mulai dari siswa yang berada di peringkat atas,” jelas Djoko. Survei ke rumah peserta PPDB dibutuhkan untuk mencocokka­n data yang telah dikumpulka­n.

Begitu juga SMAN 10. Mereka menerima 55 pendaftar. Jumlah tersebut melebihi kuota mitra warga yang disediakan, yakni sekitar 20 orang. Kepala SMAN 10 Nurseno menjelaska­n, mitra warga diperuntuk­kan bagi calon siswa dari keluarga kurang mampu. Karena itu, pihaknya harus memastikan pendaftar sesuai dengan kriteria itu. ”Jangan sampai dipakai siswa yang mampu,” jelasnya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia