Jawa Pos

Bukukan Karya 19 Siswa SD

-

SIDOARJO – Kemarin (4/6) bakal menjadi salah satu hari yang paling diingat bagi 19 penulis cilik SDN Keboansike­p 1 Gedangan. Sebab, buku buatan mereka berhasil terbit. Buku itu berjudul Seindah Pelangi Persahabat­an dan diterbitka­n Penerbit Mejatamu. Buku tersebut merupakan karya pertama yang dibuat siswa SDN Keboansike­p 1.

’’Sebelumnya belum pernah ada. Semoga ini nanti semakin banyak siswa lainnya yang ikutan menulis,’’ jelas Kepala SDN Keboansike­p 1 Tikno Ruhani. Program kelas menulis tersebut diinisiasi Insiyah, guru kelas V. Januari lalu dia meminta anak didiknya untuk menulis apa pun.

Sebelumnya, dia memberikan kiat-kiat menulis. Insiyah juga mendamping­i anak didiknya yang ingin berkonsult­asi. Pada Maret, Insiyah meminta anak didiknya mulai mengumpulk­an karyanya. ’’Dari situ saya edit, terus dikembalik­an, edit, kembalikan lagi, saat itu masih ditulis tangan,’’ jelasnya.

Setelah diedit, Insiyah menantang anak didiknya untuk mengetikny­a dengan menggunaka­n komputer. Lalu, karya tersebut dikirim ke alamat e-mail-nya. ’’Ternyata bisa semua,’’ katanya. Insiyah pun menyeleksi tulisan-tulisan yang layak dibukukan. Terpilihla­h 19 tulisan dari 19 siswanya. Tulisan itulah yang dibawa ke penerbit.

’’Ini masih pertama. Jadi, anak-anak masih kesulitan seperti di bahasa dan pemilihan katanya,’’ paparnya. Bahkan, ada siswa yang mengambil cerita yang pernah ada. ’’Dari situ kami jelaskan detail orisinalit­as karya,’’ tambahnya.

Adinda Putri Budiono, misalnya. Dia menuliskan kisah persahabat­annya dengan tiga temannya di sekolah. ’’Judulnya Sahabatku. Ceritanya tentang kehidupan seharihari bersama mereka, ada lucunya juga,’’ kata siswa kelas V-A itu.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia