Jawa Pos

BERGAYA TIONGKOK, MENYERUPAI CANDI

-

Sebagai negara multikultu­ral, Indonesia mengalami banyak akulturasi budaya. Salah satunya pada Masjid Menara Kudus. Masjid yang dibangun pada abad ke-15 itu dibangun oleh Sunan Kudus dengan menggunaka­n material batu dari Baitul Maqdis di Palestina sebagai batu pertama.

Yang menjadi keunikan dari masjid tersebut adalah bangunan menaranya yang mirip candi. Hal tersebut juga menjadi simbol harmonis antara budaya Islam dan Hindu.

Masjid Agung Samarra merupakan salah satu masjid terbesar di dunia. Seperti dilansir dari

BBC, masjid yang dibangun pada abad ke-9 ini memiliki bentuk bangunan yang unik. Selain karena desain bangunanny­a seperti benteng dan terbuat dari batu bata masjid ini memiliki menara Malwiya yang berbentuk spiral setinggi 52 meter dengan lebar 33 meter.

Namun sayang, pada April 2005, masjid yang sudah masuk dalam daftar situs warisan dunia UNESCO itu kondisinya sedang kritis. Penyebabny­a adalah peperangan di Irak telah merusak bagian menara Great Mosque of Samarra.

AKULTURASI budaya di suatu daerah kerap memunculka­n keragaman dalam berbagai hal. Salah satunya tampak pada bangunan masjid di beberapa belahan dunia yang memiliki desain unik dan mengandung nuansa budaya setempat.

Great Mosque of Xi’an terletak di Kota Xi’an, Tiongkok. Seperti yang dilansir dari BBC, Masjid Xi’an menjadi salah satu masjid tertua dan terbesar di Tiongkok. Masjid yang memiliki luas sekitar 12.000 m2 itu dibangun pada 742 masehi, tepatnya di masa Dinasti Tang. Kemudian, masjid tersebut terus berkembang pada masa dinasti Ming dan dinasti Qing. Masjid Xi’an mengusung desain arsitektur bergaya khas Tiongkok. Termasuk lantai dan atap berlapis kaca, patung phoenix, dan pagoda. Sedangkan, pengaruh Arab juga dapat dilihat dari beberapa prasasti yang tertulis dalam bahasa Arab pada pintu masuk dan di beberapa sudut ruangan.

Masjid Dublin Irlandia merupakan pusat Islamic Foundation di Irlandia. Bangunanny­a sangat mencermink­an budaya lokal Irlandia dengan desain bergaya arsitektur Eropa dan menyerupai sebuah gereja.

Menurut website islaminire­land, sebelum menjadi masjid, bangunan tersebut merupakan rumah salah seorang penduduk. Kemudian beralih fungsi menjadi masjid sebagai tempat ibadah pada 1983.

GOTARCH

Masjid Assyafaah Singapura merupakan salah satu masjid yang dibangun dengan desain arsitektur modern. Dengan mengusung konsep keharmonis­an dan toleransi, masjid tersebut sengaja tidak menggunaka­n atribut masjid pada umumnya seperti kuba atau menara.

Menurut website assyafaahm­osque.sg, hal itu dilakukan untuk menghormat­i keberagama­n kehidupan sosial berbagai suku bangsa dan agama, mengingat masjid merupakan ruang publik untuk semua masyarakat. Selain rumah ibadah, masjid tersebut menghadirk­an Assyafaah Mosque Learning Centre.

 ??  ??
 ?? WIKIPEDIA ??
WIKIPEDIA
 ?? MISFITSARC­HITECHTURE ??
MISFITSARC­HITECHTURE
 ?? WIKIMEDIA ??
WIKIMEDIA
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia