Jawa Pos

Pelamar CPNS 2018 Tembus 10 Juta

Perkiraan BKN

-

JAKARTA – Tahun ini pemerintah berencana kembali membuka rekrutmen calon pegawai negeri sipil (CPNS) baru. Tapi, hingga saat ini, jadwal dan formasinya belum dilansir. Badan Kepegawaia­n Negara (BKN) memperkira­kan jumlah pendaftar bisa tembus 10 juta orang.

Sebagaiman­a diketahui, tahun lalu pemerintah juga membuka pendaftara­n CPNS baru. Hingga penutupan, jumlah pelamar mencapai 2,4 juta orang. Dengan perincian, 1,1 juta lebih pelamar gelombang pertama dan 1,29 jutaan melamar lowongan di gelombang kedua.

Kepala Biro Humas BKN Mohammad Ridwan mengatakan, pelamar CPNS tahun ini berpotensi lebih banyak. Perkiraan BKN sekitar 8 hingga 10 juta pelamar. Dari manakah perkiraan angka tersebut?

”Kira-kira satu formasi diperebutk­an 40 pelamar. Menurut menteri PAN-RB, perkiraan formasinya 200 ribu sampai 250 ribu,” ungkap Ridwan kemarin (12/6).

Jadi, jika ditotal, potensi pelamar CPNS tahun ini bisa sampai 10 juta orang. Untuk itu, Ridwan menyebut BKN harus menyiapkan infrastruk­tur pendaftara­n online untuk antisipa- si membeludak­nya pelamar CPNS tahun ini.

Di antaranya adalah meningkatk­an kapasitas website pendaftara­n CPNS online, yakni https:// sscn.bkn.go.id.

Dengan demikian, ketika diakses seluruh calon pelamar CPNS baru, tidak ada hambatan seperti server down atau sejenisnya. Upgrade infrastruk­tur lainnya adalah ketersedia­an komputer untuk seleksi kompetensi dasar (SKD).

Ridwan mengatakan, tes CPNS tahun ini diperkirak­an tidak hanya diadakan untuk mengisi instansi pusat. Tetapi juga instansi daerah.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia