Jawa Pos

Istirahat Mudik Serasa Wisata

-

GRESIK – Para pemudik yang melintasi Jalan Raya Duduksampe­yan bisa menikmati tempat istirahat yang menyenangk­an. Ada ”wahana” khusus yang disiapkan Satlantas Polres Gresik di SPBU Tebaloan.

Pos pelayanan mudik seluas 12 x 70 meter itu memiliki konsep yang terinspira­si tokoh-tokoh Marvel dan DC Comics. Seluruh bangunan digambari karakter Avengers. Ada Spider-Man, Captain America, Thor, Bruce Banner, Iron Man, hingga Cull Obsidian, salah satu anak buah Thanos yang tergabung dalam Black Order. ”Anak-anak pasti senang,” ujar Kasatlanta­s Polres Gresik AKP Wikha Ardilestan­to kemarin (12/6).

Dari depan, pos rehat itu sudah serupa theme park. Pemudik yang masuk disambut kepala Black Panther berukuran 5 meter. Itu merupakan logo tim khusus yang dibentuk Polres Gresik untuk mengatasi tindak kejahatan di Kota Giri. Dua anggota Satlantas berkostum Superman dan Thor siap memberikan pelayanan kepada warga. Selain itu, ada juga replika Batmobile, kendaraan pahlawan Gotham City Batman.

Fasilitas di posko tersebut cukup lengkap. Para pemudik bisa bersantai sambil membaca di ruang pojok baca. Ada pula dua kursi pijat elektrik untuk melepas penat berkendara J

Selain itu, disediakan toilet, musala, posko kesehatan, ruang laktasi, minicafe, panggung musik, dan taman bermain untuk anak.

Satlantas juga menyediaka­n traffic accident center (TAC). Ruangan tersebut berisi berbagai informasi digital terkait dengan tip mudik yang aman. ”Khususnya keselamata­n berkendara di jalan,” jelas AKP Wikha.

Menurut AKP Wikha, lokasi pos pelayanan tersebut cukup strategis. Sebab, letaknya jadi satu dengan SPBU. Pemudik yang mengisi bahan bakar kendaraan bisa mampir untuk beristirah­at.

Alumnus Akpol 2007 itu sengaja membuat rest area yang berbeda. Selama ini, menurut dia, posko mudik terkesan kaku dan formal. Umumnya, hanya ada bangunan yang bergambar polisi siaga berjaga. Konsep superhero diambil agar pemudik merasa semakin nyaman saat memanfaatk­an tempat itu. ”Mudik jadi serasa berlibur ke sebuah wahana,” tuturnya.

 ?? GUSLAN GUMILANG/JAWA POS ?? ALA-ALA THEME PARK: Replika Batmobile di posko mudik Polres Gresik di Jalan Raya Duduksampe­yan.
GUSLAN GUMILANG/JAWA POS ALA-ALA THEME PARK: Replika Batmobile di posko mudik Polres Gresik di Jalan Raya Duduksampe­yan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia