Jawa Pos

Publik Dukung Proyek Segera Lanjut

-

SURABAYA – Publik mengingink­an proyek underpass dan overpass di bundaran Satelit secepatnya diselesaik­an. Dengan begitu, keduanya bisa segera dimanfaatk­an untuk mengatasi kemacetan di wilayah itu.

Anggota Komisi C DPRD Surabaya M. Machmud menyatakan, sejauh ini, perkembang­an permukiman dan akses jalan di Surabaya Barat belum seimbang. Pengembang berlomba-lomba dalam membangun apartemen dan kompleks perumahan. Hal itu tidak diimbangi dengan akses jalan yang memadai. Akibatnya, kemacetan di sejumlah jalan tak terelakkan.

Pertumbuha­n kompleks permukiman tersebut berbanding lurus dengan jumlah kendaraan pribadi di wilayah itu. ’’Jadi, proyek underpass dan overpass di bundaran Satelit sangat penting bagi masa depan Surabaya,’’ terang Machmud.

Dia menambahka­n, apabila hal tersebut terus dibiarkan, titik-titik kemacetan di Surabaya Barat terus bertambah. Saat ini Jalan Mayjen Sungkono dan Jalan HR Muhammad men- jadi langganan kepadatan arus lalu lintas. Nanti jalan lain bisa saja mengalami hal yang sama. Misalnya, daerah Kuwukan. Sebab, di sana, bakal berdiri lebih banyak permukiman dan gedung perkantora­n.

Sebelumnya, Ketua DPD REI Jatim Danny Wahid menuturkan bahwa pihaknya sudah mengirimka­n surat ke pemkot untuk mengatur pertemuan. Pihak pengembang dan pemkot akan duduk bersama untuk membahas kelanjutan proyek itu. Machmud mendukung hal tersebut. ’’Mereka harus samasama berkomitme­n memenuhi janjinya,’’ katanya.

Anggota Masyarakat Transporta­si Indonesia (MTI) Jatim Dadang Supriyatno juga sependapat dengan hal itu. Dia menyatakan, semakin lama, jumlah kendaraan semakin bertambah. Proyek underpass dan overpass di bundaran Satelit akan menjadi jawaban atas permasalah­an kemacetan yang selama ini terjadi. Sebab, banyak jalan protokol yang tak mampu lagi menampung volume kendaraan yang melintas.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia