Jawa Pos

Siapkan Wahana Baru dan Perluas Parkir

Geliat Destinasi Wisata Sambut Cuti Bersama Lebaran Libur Lebaran tahun ini lebih lama daripada sebelum-sebelumnya. Baik sebelum dan sesudah hari H Lebaran. Para pelaku usaha hiburan pun menangkap peluang itu. Destinasid­estinasi wisata berbenah untuk meny

-

SUASANA ramai terlihat di Atlantis Land, kompleks Kenjeran Park, Senin (11/6). Para pengunjung memadati beberapa wahana, mulai dari Dino Land, Carousel, sampai wahana air Tornado. Ratusan orang, mulai anak-anak hingga dewasa, terlihat asyik bermain air.

Salah seorang pengunjung adalah Indo Yasmien Marzy. Bersama teman-temannya, dia menghabisk­an libur Lebaran sebelum mudik ke kampung halaman. ”Mudiknya masih nanti pas hari H. Makanya ini nyempetin main dulu,” ujarnya.

Pengelola Antlantis Land juga menyiapkan wahana khusus pada libur Idul Fitri ini. ”Untuk Lebaran kali ini, akan ada wahana istana es yang siap beroperasi. Rencananya, 15 Juni pas Idul Fitri sudah dibuka untuk umum,” ujar bos Atlantis Land Soetiadji Yudho.

Mengambil nuansa kutub utara, berbagai patung hewan khas pun dihadirkan. Misalnya, penguin dan beruang kutub. Rumah es atau yang biasa disebut iglo serta patung penghuniny­a menjadi pelengkap wahana tersebut. Termasuk perosotan es yang bisa digunakan oleh orang dewasa maupun anak-anak. ”Memang sengaja dibuat semirip-miripnya dengan nuansa aslinya. Jadi, masyarakat di Surabaya juga bisa menikmati dinginnya kutub utara,” tuturnya.

Koordinato­r Mangrove Informatio­n Center (MIC) Wonorejo M. Suwito pihaknya juga menyambut libur lebaran. Salah satunya menambah fasilitas update jogging track. ”Kami juga menyiapkan lahan parkir yang cukup luas. Petugas pemandu juga akan ditambah,’’ ujar Suwito.

Penunjang lain seperti wifi dan kamera CCTV segera dipasang di Ekowisata Mangrove Wonorejo untuk menyuguhka­n suasana jalur susur sungai dengan pemandanga­n mangrove. Suasananya pun lebih alami.

Taman Hiburan Pantai (THP) Kenjeran tetap buka seperti biasa. Koordinato­r Pendapatan THP Kenjeran Dedi Kurniawan mengatakan, setiap tahun THP Kenjeran selalu menjadi pilihan saat libur tiba, termasuk Idul Fitri. ”Mayoritas yang berkunjung masih warga luar Surabaya,” katanya.

Sementara itu, rencananya di Ekowisata Mangrove Gunung Anyar juga akan dibangun fasilitas tambahan. Di antaranya, menara pantau, gazebo, dan pendapa. Namun, pembanguna­n tiga sarana baru tersebut menunggu lahan siap. ”Sekarang fokus pada pembebasan lahan terlebih dahulu,” ujar Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Surabaya Joestamadj­i.

 ?? GHOFUUR EKA/JAWA POS ?? SUASANA KUTUB UTARA: Dari kiri, Indo Yasmien Marzy, Jenifer Zefanya, dan Christine Wijaya berkunjung ke istana es yang merupakan wahana baru di Atlantis Land, Kenjeran Park.
GHOFUUR EKA/JAWA POS SUASANA KUTUB UTARA: Dari kiri, Indo Yasmien Marzy, Jenifer Zefanya, dan Christine Wijaya berkunjung ke istana es yang merupakan wahana baru di Atlantis Land, Kenjeran Park.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia