Jawa Pos

Siap Amankan 64 Lokasi

-

SURABAYA – Masyarakat yang melaksanak­an salat Idul Fitri di wilayah Surabaya Utara, terutama di kawasan pelabuhan, bisa merasa tenang. Setidaknya ada 64 titik yang mengadakan ibadah tersebut pada 1 Syawal 1439 Hijriah. Semua titik itu bakal mendapatka­n pengamanan dari kepolisian.

Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak AKBP Antonius Agus Rahmanto menyatakan, pihaknya sudah mencatat tempat-tempat yang bakal diperuntuk­kan ibadah salat pada 15 Juni itu. Setiap lokasi menampung rata-rata 200–500 umat muslim. Tapi, ada juga beberapa titik yang diperkirak­an menampung ribuan orang.

”Misalnya, Masjid Mujahidin di Jalan Perak Barat, Pabean Cantian. Atau, ibadah di Ponpes Al Fitrah di Kedinding Lor, Kenjeran. Dua tempat tersebut diperkirak­an menampung 2 ribu jamaah saat ibadah nanti,” ungkapnya kemarin (12/6).

Jika dibagi secara persebaran, boleh dibilang wilayah Asemrowo memiliki paling banyak lokasi ibadah. Di wilayah hukum Polsek Asemrowo, terdapat 26 titik yang bakal menyelengg­arakan salat Id. Namun, jamaah di tempat-tempat tersebut tak sampai angka ribuan.

”Untuk skala jamaah, paling banyak memang di wilayah Semampir. Ibadah di kawasan Masjid Ampel saja bisa menampung ribuan orang,” ujarnya.

Untuk menjaga ketertiban selama ibadah, pihaknya bakal mengutus 5–10 personel keamanan di setiap titik lokasi. Menurut dia, pihaknya tetap harus menjamin salat Id terlaksana dengan lancar meski belum ada insiden selama ibadah hari raya dalam beberapa tahun belakangan.

”Hanya untuk berjaga. Kalau untuk pengamanan, kami malah lebih fokus pada malam takbiran. Karena sudah ada imbauan dari Pemkot Surabaya agar warga tidak melakukan takbir keliling,” ungkapnya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia