Jawa Pos

Jelang Lebaran, Pengambila­n E-KTP Naik 50 Persen

-

SURABAYA – Cuti sudah dimulai, tetapi kantor kecamatan masih dipenuhi warga hingga kemarin (12/6). Banyak warga yang datang mengurus e-KTP untuk mudik dan berlibur. Jumlah pengambil kartu identitas meningkat 50 persen dalam sepekan terakhir.

Antrean pengambila­n e-KTP, antara lain, terlihat di Kecamatan Bubutan. Pada hari terakhir pelayanan sebelum cuti, ada 70 orang yang mengambil kartu identitas itu. Mereka bergantian menemui petugas jaga.

”Padahal, biasanya cuma 35 orang dalam sehari,” ungkap Camat Bubutan Eko Kurniawan Purnomo. Menurut Eko, petugas berupaya melayani seluruh permohonan. Termasuk warga yang e-KTP-nya belum dicetak.

Eko menjelaska­n, kecamatan telah memberikan pelayanan cetak langsung dalam sepekan terakhir. Syaratnya, data harus sudah masuk daftar print ready record (PRR). Selain itu, pemohon harus menyampaik­an alasan pengambila­n e-KTP kepada petugas.

”Jadi, pencetakan tidak lagi melihat nomor antrean perekaman. Selama ada permohonan dan masuk PRR, bisa dicetak,” kata Eko. Dia menjelaska­n, warga yang datang langsung ke kantor kecamatan dipriorita­skan.

Salah seorang warga yang mengambil e-KTP adalah Mega Tri Yulianti. Remaja berusia 18 tahun itu berencana pergi ke Bojonegoro bersama keluarga. Dia memerlukan kartu identitas untuk mudik naik kereta.

”Sebenarnya, punya KK. Namun, ribet membawanya,” kata Mega. Dia mengaku belum dua bulan melakukan perekaman. Selain Mega, Sanusi, warga Bubutan, rela antre mengambil e-KTP kemarin. Lelaki itu memerlukan kartu identitas untuk memesan tiket pesawat. Dia berencana liburan ke luar daerah.

 ?? EKO HENDRI/JAWA POS ?? TETAP DILAYANI: Warga mengambil e-KTP di Kecamatan Bubutan kemarin.
EKO HENDRI/JAWA POS TETAP DILAYANI: Warga mengambil e-KTP di Kecamatan Bubutan kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia