Jawa Pos

Hewan Pengerat Juga Dititipkan

-

SURABAYA – Tiga hari menjelang Hari Raya Idul Fitri, para pemilik berbondong-bondong menitipkan hewan kesayangan mereka. Bahkan, beberapa di antaranya sudah memesan awal Mei lalu.

Kucing dan anjing memang menjadi hewan peliharaan nomor satu yang dititipkan. Namun, pemilik hewan piaraan lain juga melakukan hal yang sama. Hewan pengerat, salah satunya. Binatang kesayangan seperti marmot, kelinci, dan hamster juga dititipkan.

Drh Nimas Ayu Pertiwi, pemilik Pradika Rabbit Pet Shop Vet and Care, menjelaska­n bahwa biaya untuk menitipkan hewan pengerat lebih murah daripada hewan berbadan lebih besar. Misalnya, untuk kelinci dan marmot, tarifnya Rp 30 ribu per hari. Untuk hamster, biasanya dihitung berdasar kandang. Yakni, Rp 15 ribu per hari per kandang.

’’Jadi, kalau ada dua hamster yang ditaruh di satu kandang, biaya penitipann­ya tetap jadi satu,” ujar pemilik gerai penitipan hewan yang terletak di kawasan Karah Agung, Jambangan, tersebut.

Nimas menjelaska­n, di tempatnya permintaan untuk menitipkan hewan piaraan mengalami kenaikan sejak beberapa waktu lalu. ”Sebelum hewan masuk, kami melakukan pemeriksaa­n terlebih dahulu. Perlakuan untuk hewan yang sedang sakit dan sehat tentu berbeda,” tuturnya.

Tahun ini Nimas menyiapkan 250 kandang. Semua sudah terpesan. ”Minimal lima hari dititipkan kepada kami. Namun, ada juga yang menitipkan selama sebulan,” sambungnya.

 ?? DIPTA WAHYU/JAWA POS ?? PERIKSA SEBELUM MASUK: Dokter hewan Nimas Ayu Pertiwi memeriksa kucing yang akan dititipkan majikannya kemarin.
DIPTA WAHYU/JAWA POS PERIKSA SEBELUM MASUK: Dokter hewan Nimas Ayu Pertiwi memeriksa kucing yang akan dititipkan majikannya kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia