Jawa Pos

Semarak Ramadan Bersama Anak Yatim

-

PROBOLINGG­O – Banyak cara untuk menyemarak­kan Ramadan tahun ini. Salah satunya program yang dilakukan Pemerintah Kota Probolingg­o yang mengajak anak yatim piatu. Sebanyak 100 anak yatim piatu dengan gembira mengikuti acara Orang Tua Asuh Sehari (OASE) 2018. Acara itu terselengg­ara atas kerja sama Pemerintah Kota Probolingg­o dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) setempat Selasa (5/6).

Wali Kota Probolingg­o Rukmini mengatakan, 57 orang tua asuh dalam sehari diberi tanggung jawab mendamping­i anak yatim untuk berbelanja keperluan Lebaran dan sekolah. Setiap orang tua asuh mendamping­i satu sampai dua anak. ’’Setiap anak menerima uang saku sebesar Rp 300.000 dari Baznas Kota Probolingg­o. Dalam kegiatan ini, BaznasKota­Probolingg­omendapatk­an bantuan dari Baznas Provinsi Jawa Timur,’’ ucap Rukmini.

Setiap anak bebas memilih barang yang diinginkan. Sebelum berbelanja, anak-anak dinasihati agar tidak membelikan uangnya untuk makanan atau minuman. ’’Para orang tua asuh mengingatk­an untuk membelikan barang yang dibutuhkan terlebih dahulu. Bisa keperluan Lebaran maupun keperluan sekolah, misalnya tas dan sepatu,’’ ujar wali kota.

Sebelum ke tempat pembelanja­an di Graha Mulia Toserba (GM) Kota Probolingg­o, anak-anak menaiki kereta kelinci menuju lokasi belanja. Setelah tiba di GM, wajah ceria terlihat jelas dari anak-anak itu. Mereka yang didampingi orang tua asuh langsung menuju ke lantai 2. ’’Saya ingin membeli sepatu dan tas untuk sekolah, dan membeli sandal sekaligus dapat bonus mainan mobil kontrol,’’ ucap M. Ikli Marzuqi.

Dilanjutka­n berbuka puasa di lantai 1 di GM Toserba, 100 anak diberi bantuan satu paket makanan dan minuman serta uang saku. Kegiatan Pemkot Probolingg­o dengan Baznas tidak berhenti di situ. Pada Kamis (7/6), Pemerintah Kota Probolingg­o melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Probolingg­o memberikan santunan kepada anak yatim.

 ?? PEMKOT PROBOLINGG­O FOR JAWA POS ?? PROGRESIF: Wali Kota Probolingg­o Rukmini (kanan) dalam acara Orang Tua Asuh Sehari (OASE) 2018.
PEMKOT PROBOLINGG­O FOR JAWA POS PROGRESIF: Wali Kota Probolingg­o Rukmini (kanan) dalam acara Orang Tua Asuh Sehari (OASE) 2018.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia