Jawa Pos

Evaluasi Tunggu Lalin Normal

-

SURABAYA – Arus lalu lintas (lalin) Surabaya umumnya sudah lengang. Hanya sebagian yang masih padat. Salah satunya terlihat di perempatan traffic light (TL) baru di Jalan Darmo-Jalan Bengawan. TL itu kini membuat sejumlah kendaraan harus mengantre di depan Taman Bungkul ke arah Surabaya.

Misalnya, yang terjadi kemarin. Meski tidak terlalu ramai, antrean tetap cukup panjang, terutama saat siang menjelang sore. Berbaris hingga enam mobil ketika lampu menyala merah untuk ruas arah tengah kota. Sementara itu, arah Surabaya menuju luar kota terpantau tidak terlalu banyak kendaraan. Antrean pun terlihat lebih pendek.

Keberadaan TL tersebut memang sempat menimbulka­n pro-kontra. Di satu sisi, adanya TL memudahkan lalin dari Jalan Darmo untuk menyeberan­g ke sisi timur Kalimas menuju ke Ngagel. Kendaraan diarahkan langsung ke Jembatan Ujung Galuh. Di sisi lain, antrean panjang di Jalan Darmo tak terhindark­an. Terutama pada jam-jam sibuk.

Untuk arah ke luar kota, kepadatan biasanya terjadi lantaran ada crossing dari arah Jalan Kapuas menuju ke Jalan Bengawan di sisi barat. Jarak antara TL Jalan Kapuas dan Jalan Bengawan cukup pendek sehingga mengakibat­kan antrean cukup padat saat jam sibuk.

Untuk arah ke Surabaya, kepadatan di Jalan Darmo disebabkan waktu TL yang intervalny­a cukup panjang. Selain itu, ruas terbagi menjadi dua, ke utara menuju Urip Sumoharjo dan timur ke Jembatan Ujung Galuh. Antrean menuju timur biasanya harus menunggu lebih lama daripada arus kendaraan yang langsung lurus ke utara.

Dinas Perhubunga­n (Dishub) Surabaya bakal melakukan evaluasi untuk perempatan tersebut, tetapi tidak dalam waktu dekat. Sebab, arus lalu lintas diperkirak­an masih lebih lengang pada beberapa hari mendatang, tepatnya selama masa cuti Lebaran. ’’Sekarang lalu lintas tidak seramai biasanya,’’ jelas Kabid Lalu Lintas Dishub Surabaya Joko Supriyanto.

Mendekati H+5 atau 20 Juni, lalu lintas diprediksi baru ramai seperti hari kerja normal. Evaluasi baru dilaksanak­an setelah lalu lintas kembali ramai. ’’Evaluasi nanti dilakukan setelah Lebaran,’’ lanjut mantan Kasi rekayasa lalu lintas tersebut.

Dishub untuk sementara sudah menutup U-turn di depan Taman Bungkul. Khusus putar balik dari utara menuju ke Jalan Bengawan. Hal itu cukup efektif untuk mengurangi kepadatan kendaraan ke arah Wonokromo. Adapun U-turn sisi selatan masih difungsika­n. Namun, setelah evaluasi, baru diketahui apakah U-turn itu juga perlu ditutup untuk mengurangi antrean kendaraan atau tidak.

Selain itu, mereka masih punya pekerjaan rumah untuk setting lampu lalu lintas. Setting waktu TL tersebut belum diseragamk­an sehingga rawan menimbulka­n antrean panjang di satu ruas jalan.

 ?? HANUNG HAMBARA/JAWA POS ?? MASIH PADAT: Kondisi lalu lintas di persimpang­an Jalan Darmo-Bengawan kemarin siang.
HANUNG HAMBARA/JAWA POS MASIH PADAT: Kondisi lalu lintas di persimpang­an Jalan Darmo-Bengawan kemarin siang.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia