Jawa Pos

Langganan, Mengkreng Masih Macet

-

DIBANDINGK­AN dengan tahuntahun sebelumnya, lalu lintas selama masa Lebaran di sebagian wilayah Jatim relatif lebih lancar. Meski demikian, di titik langganan macet, ”kesabaran” pengendara masih terus diuji

Selain di jalur-jalur yang selama ini jadi langganan macet, kepadatan juga terjadi di sejumlah ruas tol baru yang saat ini mulai beroperasi dengan status fungsional.

Kemarin (16/6) kemacetan masih terasa di jalur-jalur yang selama ini rawan macet. Contohnya, jalur Gempol–Malang. Kemacetan panjang terjadi di sejumlah titik di ruas itu. Di antaranya, di ruas Purwodadi hingga Mondoroko (Singosari). Juga, ruas Purwodadi pertigaan Purwosari.

Jalur yang juga masih sulit ”sembuh” dari macet adalah rute Surabaya–Madiun. Di sejumlah titik masih terjadi kepadatan. Salah satu yang terparah terjadi di simpang Mengkreng, Kertosono, yang jadi titik pertemuan jalur menuju Kediri–Madiun. Jalur itu macet panjang, baik dari arah Madiun maupun Surabaya.

Sementara itu, jalur Saradan– Madiun yang selama ini sering macet parah saat masa Lebaran lebih lumayan. Meski, kepadatan masih terlihat di sejumlah ruas. Misalnya, di Raya Saradan arah bypass Wilangan.

Lantas, bagaimana dengan keberadaan ruas tol anyar di jalur itu? Sama, kemacetan juga terjadi di sejumlah titik seperti di exit Wilangan atau exit toll Kertosono.

Kepala Dishub Jatim Wahid Wahyudi mengungkap­kan, walaupun di sejumlah ruas lang- ganan itu masih terjadi kemacetan, kondisinya sudah jauh lebih baik daripada tahun-tahun sebelumnya. ”Bisa dikatakan, arus lalu lintas selama arus mudik di Jatim lancar,” katanya.

Demikian juga dengan jalurjalur yang selama ini jadi langganan macet. Walaupun masih terjadi kepadatan, situasinya sudah lebih baik. ”Sebab, kendaraan tetap terurai karena arus mengalir lancar,” katanya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia