Jawa Pos

Mengular sampai 3 Kilometer

-

KEDIRI – Beberapa ruas jalan menjadi titik kepadatan kendaraan pada Lebaran kali ini. Bahkan, di titik-titik tersebut sangat potensial menjadi sumber kemacetan. Kondisi itulah yang diantisipa­si pihak berwenang. Baik dinas perhubunga­n (dishub) maupun Satlantas Polres Kediri Kota.

Dari pantauan dishub, beberapa titik yang rawan macet adalah pintu masuk dari luar kota. Misalnya, akses masuk dari Nganjuk di barat dan Tulungagun­g di sisi selatan. Dishub pun akan membuka jalur alternatif untuk mengurainy­a.

Menurut Kabid Manajemen Lalu Lintas Bagus Hermawan, akses dari Nganjuk yang rawan macet adalah sekitar simpang Mrican. Antrean kendaraan bisa mengular. Hingga 3 kilometer sampai simpang Ngampel. ”Sedangkan untuk keluar masuk wilayah Kediri–Tulungagun­g adalah simpang alunalun. Di tempat itu juga rawan kepadatan,” jelasnya.

Solusinya? Di simpang alunalun, dishub akan mengontrol­nya dari ruangan ATCS. Mereka bakal mengendali­kan durasi lampu merah dan hijau. Yaitu, memberikan tambahan waktu untuk lampu hijau di arah yang kendaraann­ya padat.

”Kalau jalan sampai crowded, kami minta bantuan polisi untuk melakukan buka-tutup secara manual,” terangnya. Hal serupa diterapkan di simpang Mrican. Namun, di jalur tersebut, dishub juga bakal menyiapkan jalur alternatif. Bekerja sama dengan Dishub Kabupaten Kediri agar pengendara tak menumpuk lewat jalur itu.

Jalur alternatif tersebut adalah simpang Banyakan di sekitar pasar buah. Pengendara diarahkan ke kanan menuju Polsek Banyakan. ”Nanti tembusnya simpang Sukorame, setelah melewati SMPN 6 Kediri. Demikian juga sebaliknya,” terang Bagus.

Satlantas Polres Kediri Kota pun berharap pengendara memanfaatk­an jalur alternatif. Untuk menghindar­i kemacetan di titik-titik masuk kota. ”Kami imbau pengendara melalui simpang tiga Ngampel dan lewat Kelurahan Gayam hingga tembus Banyakan,” ujar Kasatlanta­s AKP Adi Nugroho.

Sementara itu, pengendara dari arah Tulungagun­g yang hendak melewati Kota Kediri disarankan melalui simpang tiga Ngronggo.

 ?? IQBAL SYAHRONI/JAWA POS RADAR KEDIRI ?? PADAT: Antrean kendaraan yang hendak masuk Kota Kediri dari arah Nganjuk. Polresta dan Dishub Kota Kediri menyiapkan jalur alternatif.
IQBAL SYAHRONI/JAWA POS RADAR KEDIRI PADAT: Antrean kendaraan yang hendak masuk Kota Kediri dari arah Nganjuk. Polresta dan Dishub Kota Kediri menyiapkan jalur alternatif.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia