Jawa Pos

Khofifah Open House, Gus Ipul Bareng Kiai Sepuh

-

PARA kontestan pilgub Jatim melakoni sejumlah aktivitas pada Lebaran hari kedua kemarin. Misalnya, yang dilakoni cagub Saifullah Yusuf. Seharian kemarin, dia mendatangi kediaman ulama di sejumlah wilayah Jatim.

Pertama, Gus Ipul –sapaan akrab Saifullah– bersilatur­ahmi dengan KH Nawawi Abdul Jalil Ponpes Sidogiri. Setelah itu, Gus Ipul singgah di Ponpes Ploso, Kediri. Di sana dia mengikuti silaturahm­i dan halalbihal­al bersama para ulama Jatim.

Sejumlah kiai sepuh hadir. Selain tuan rumah KH Zainuddin Jazuli, hadir KH Kafabi Mahrus (pengasuh Ponpes Lirboyo), KH Anwar Iskandar (pengasuh Ponpes Al Amin), KH Nurul Huda Jazuli, dan KH Fuad Jazuli (pengasuh Ponpes Ploso).

Dalam acara itu, Saifullah juga melaporkan perkembang­an terbaru menjelang kontestasi pilgub. ”Alhamdulil­lah, para ulama memberikan support yang luar biasa kepada kami,” katanya.

Di sisi lain, Khofifah Indar ParawansaE­mil Dardak kemarin mengisi masa Lebaran dengan open house. Khofifah bersama keluarga besarnya melangsung­kan tradisi tersebut di kediamanny­a di Surabaya. Agenda itu digelar selama tiga hari.

Sementara itu, Emil mudik ke Trenggalek. Di kediamanny­a, dia berkumpul bersama keluarga besar sekaligus menggelar open house untuk masyarakat umum. Bukan hanya itu, kemarin Emil menghadiri halalbihal­al di Dusun Domerto, Tawing, Munjungan. Tak hanya bersilatur­ahmi, Emil juga berinterak­si dengan warga sekitar.

Bagi Emil, aktivitas tersebut merupakan salah satu tradisi turun-temurun yang dijalankan bersama seluruh keluarga. ’’Ini tradisi yang harus dijaga,” jelasnya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia