Jawa Pos

TRAUMA, PERGILAH!

-

ROSTOV-ON-DON – Mineirazo. Ya, tragedi kekalahan memalukan handicap Trans siaran langsung

TV pukul 01.00 WIB).

Meski sudah 3 tahun 11 bulan 8 hari berlalu, Mineirazo masih membayangi Paulinho, Willian, Marcelo, dan Fernandinh­o. Mereka adalah empat penggawa Brasil di Mineirazo yang masih bertahan di skuad Selecao sekarang. Semua berpeluang turun sebagai starter dini hari nanti.

”Kami sudah belajar (dari kesalahan) dan ingin me- Gazeta Esportiva.

Setelah Mineirazo, Brasil memainkan 47 laga. Tujuh di Copa America 2015 dan 2016,

2018, dan 22 pertanding­an di uji coba. Selama masa ”belajar” tersebut, 35 kali Brasil menang, 7 kali seri, dan hanya 5 kali menelan kekalahan.

Tite, pelatih Brasil saat ini, adalah sosok yang membangun kembali kepercayaa­n diri Paulinho dkk. Di tangan Tite, Brasil menuai 17 victory dari 21 laga. Persentase kemenangan­nya mencapai 80,95.

Bukan hanya Paulinho, Willian, Marcelo, dan Fernandinh­o. Neymar juga turut memikul tanggung jawab atas Mineirazo karena Brasil jadi bulan-bulanan garagara dia absen. Neymar cedera Sebelum cedera, Neymar bermain gemilang dengan torehan empat gol dan satu assist dalam empat pertanding­an.

Bintang penyerang PSG itu juga menemukan ketajamann­ya lagi sejak come back dari cedera me- Neymar) bakal sulit bagi setiap pemain untuk menjaganya. Dia adalah pemain yang berbeda,” kata Vladimir Petkovic, pelatih Swiss, dalam wawancara dengan Four Four Two. Meski tidak terkalahka­n dalam empat laga sepanjang tahun ini (tiga kali menang dan sekali seri), Petkovic menyebut Swiss butuh keberuntun­gan untuk bisa mengalahka­n Brasil. ”Bermain bagus saja tidak cukup bagi kami,” ucap pelatih Lazio saat memenangi Coppa Italia 2013 tersebut. Kosta Rika vs Serbia (Trans TV pukul 19.00 WIB) Brasil vs Swiss (Trans TV pukul 01.00 WIB) Jerman vs Meksiko (Trans TV pukul 22.00 WIB) Race

(Trans 7/Fox Sports pukul 19.00 WIB)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia