Jawa Pos

Histori Pro-Birthday Boy

-

KEPALA Philippe Coutinho penuh dengan telur dan tepung di sela sesi latihan di Sochi (12/6). Itu adalah cara Neymar, Gabriel Jesus, Willian, dan Marcelo memberikan kejutan kepada Coutinho yang genap merayakan ulang tahun ke-26.

Ulang tahun yang spesial karena terjadi di sela perhelatan Piala Dunia 2018. Dalam sejarah timnas Brasil, pemain yang berulang tahun saat Piala Dunia sering membawa hoki. Bahkan, ada birthday boy Selecao bernama sama dengan bintang Barca tersebut.

Dia adalah Antonio Wilson Vieira Honorio atau yang lebih dikenal dengan nama Coutinho. Pemain Brasil pada era 1960-an itu ikut membawa Brasil menjuarai Piala Dunia 1962 di Cile. Saat itu dia berulang tahun ke-19. Bek Brasil Ronaldao juga merayakan ulang tahun ke-29 saat Selecao mengangkat trofi Piala Dunia 1994 di Amerika Serikat.

Bagaimana dengan Coutinho yang sekarang? Kepada CBF TV, pemain yang pernah memberi trofi Piala Dunia U-20 2011 itu tak mau terpengaru­h dengan histori-histori tersebut. Meski, memenangi Piala Dunia 2018 dalam debutnya di ajang empat tahunan itu merupakan impian terindahny­a. ’’Saya sudah menunggu momen ini (tampil di Piala Dunia) dan saya sudah memimpikan­nya (memenangi Piala Dunia),’’ kata Coutinho.

Dilansir media Brasil, Veja Abril, Coutinho mirip dengan Ronaldinho saat Brasil memenangi Piala Dunia terakhirny­a (2002). Kala itu Ronaldinho yang bernomor 10 menjadi penyuplai bagi Rivaldo (nomor 11) dan Ronaldo (nomor 9). Nah, di Piala Dunia 2018, Coutinho juga mengenakan nomor 11 dan kolaborasi­nya dengan Gabriel Jesus (nomor 9) serta Neymar (nomor 10) bisa menjadi senjata mematikan bagi Brasil.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia