Jawa Pos

Beto Timnas, Spaso Loyo

-

SELAIN bersaing dengan striker asing, penyerang lokal beradu tajam dengan striker naturalisa­si. Musim ini setidaknya ada enam pemain depan naturalisa­si yang memperkuat klub-klub Liga 1. Bali United malah memiliki tiga pemain depan naturalisa­si, yakni Ilija Spasojevic, Stefano Lilipaly, dan Irfan Bachdim.

Lilipaly musim lalu lebih sering bermain sebagai gelandang, tapi musim ini digeser lebih ke depan sebagai second striker. Bahkan, ketika Irfan dan Spaso (sapaan akrab Ilija Spasojevic) cedera, Lilipaly bermain lebih ke depan sebagai striker. Hasilnya mantap. Lilipaly telah menyarangk­an delapan gol.

Spaso yang justru menurun. Baru dua gol yang dicetaknya. Diharapkan bisa menggantik­an peran top skor Liga 1 musim lalu Sylvano Comvalius, ternyata Spaso belum nyetel juga.

Sementara itu, Sriwijaya FC mengandalk­an Beto Goncalves yang dinaturali­sasi awal musim ini. Karena performany­a yang stabil dengan menyarangk­an lima gol dan tiga assist, pemain 37 tahun tersebut dipanggil Luis Milla ke timnas U-23 Indonesia yang disiapkan menuju Asian Games 2018.

”Saya sangat senang bisa dipercaya klub untuk selalu menjadi starter. Mungkin ini karena reputasi yang saya bangun selama berkarir di Indonesia dalam 13 tahun terakhir. Mereka puas dengan kinerja saya,” ujar pemain asal Brasil itu.

Debutnya bersama timnas dilakoni saat berduel dengan Thailand pada 31 Mei lalu. Meski belum mencetak gol, Beto menyumbang­kan satu assist yang kemudian diselesaik­an dengan apik oleh Septian David Maulana. ”Itu adalah sebuah kebanggaan. Sekali lagi, ini berkat kerja keras saya selama ini. Masuk timnas Indonesia adalah hadiah atas kerja keras itu,” imbuhnya.

Beto sudah tidak asing dengan persaingan antara striker lokal dan asing. Namun, di mata pemain kelahiran 30 Desember 1980 itu, striker lokal sebenarnya tidak kalah kualitas. Hanya, postur pemain lokal yang cenderung kecil kurang bisa memuaskan kebutuhan klub.

 ?? ANGGER BONDAN/JAWA POS-CHANDRA SATWIKA/JAWA POS ?? LOKAL KW: Dari kiri, striker Sriwijaya FC Beto Goncalves, second striker Bali United Stefano Lilipaly, dan penyerang Bali United Ilija Spasojevic. Mereka berstatus pemain naturalisa­si.
ANGGER BONDAN/JAWA POS-CHANDRA SATWIKA/JAWA POS LOKAL KW: Dari kiri, striker Sriwijaya FC Beto Goncalves, second striker Bali United Stefano Lilipaly, dan penyerang Bali United Ilija Spasojevic. Mereka berstatus pemain naturalisa­si.
 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia