Jawa Pos

Cinta Rusia kepada Sepak Bola sepe

-

RESMI sudah. Untuk kali pertama, saya akhirnya berlebaran di luar Indonesia. Tidak bersama keluarga. Sedih? Iya. Menangis? Yang pasti, saya sangat bersyukur. Sebab, melewati hari istimewa di belahan bumi lain juga sangat spesial rasanya.

Ketika umat muslim di Indonesia mengakhiri Ramadan dan menyambut Idul Fitri dengan gempita, saya dalam perjalanan menuju Stadion Luzhniki. Bersiap menyaksika­n

Piala Dunia 2018 antara tuan rumah Rusia versus Arab Saudi.

Ketika berbagai model ucapan selamat Lebaran berseliwer­an di grup-grup saya menyaksika­n antusiasme penggila bola dari berbagai negara menyongson­g dimulainya hajatan akbar empat tahunan itu.

Termasuk yang larut dalam euforia itu adalah fans Arab Saudi. Entah saking bersemanga­tnya karena menyambut tim kesayangan­nya atau bercampur dengan keceriaan menyongson­g 1 Syawal. Mereka ikut berjoget, bersorak, dan minum-minum. Ups!

Meski mengantong­i akreditasi FIFA, tidak semua wartawan bisa menyaksika­n pertanding­an. Terlebih laga pembuka yang disertai Harus mengajukan permohonan. Beruntung, permohonan saya disetujui jauh hari sebelum keberangka­tan ke Rusia. Begitu masuk stadion, langkah pertama adalah mendapatka­n tiket pertanding­an.

Wartawan yang tidak mendapatka­n tiket bisa mengadu peruntunga­n. Menulis nama di menunggu, dan jangan lupa berdoa. Panitia menutup pengambila­n tiket 90 menit sebelum kickoff. Yang tidak datang, wasalam. Tiket hangus. Jatahnya diberikan kepada nama-nama di daftar tunggu.

Dan, pun dimulai. Ratusan penampil menyemarak­kan acara pembukaan Piala Dunia 2018. Termasuk penyanyi Inggris Robbie Williams, solois sopran Rusia Aida Garifullin­a, dan legenda timnas Brasil Ronaldo.

Menurut saya, pertunjuka­nnya tidak terlalu wow, tapi elegan. Efisien. Tidak bertele-tele. Sebab, ini adalah Piala Dunia. Bukan konser musik. Acara inti pada hari itu adalah duel antara Rusia

 ?? ANGGER BONDAN/JAWA POS ?? PESTA: Fans Rusia merayakan kemenangan timnas kesayangan mereka atas Arab Saudi pada pertanding­an perdana Piala Dunia 2018 di Stadion Luzhniki. opening match Nggak lah. WhatsApp, show opening ceremony. waiting list,
ANGGER BONDAN/JAWA POS PESTA: Fans Rusia merayakan kemenangan timnas kesayangan mereka atas Arab Saudi pada pertanding­an perdana Piala Dunia 2018 di Stadion Luzhniki. opening match Nggak lah. WhatsApp, show opening ceremony. waiting list,

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia