Jawa Pos

Rti Cinta pada Pandangan Pertama

-

kontra Saudi.

Setelah pemain kedua tim berjajar di pinggir lapangan, Presiden Rusia Vladimir Putin muncul dari Bersiap memberikan sambutan. Seperti biasa, penampilan mantan agen KGB (Dinas Rahasia Rusia) itu sangat tegas. Tidak banyak basa-basi.

’’Sepak bola di Rusia ada sejak 1897. Orang Rusia cinta sepak bola seperti cinta pada pandangan pertama,’’ kata Putin. Tepuk tangan pun bergema. Saat itu Luzhniki disesaki 78.011 penonton.

Putin melanjutka­n Dia bicara tentang filosofi sepak bola. Tentang begitu agungnya olahraga itu sebagai alat pemersatu dunia. Menurut Putin, sepak bolalah yang menyatukan semua agama, kepercayaa­n, dan bahasa di muka bumi. Kembali penonton bergemuruh.

Di pengujung sambutanny­a, Putin menyatakan selamat bertanding kepada Rusia dan Saudi. Juga untuk semua tim yang berlaga di Piala Dunia 2018.

Pria yang pernah menjadi presiden, perdana menteri, dan kemudian presiden lagi tersebut memastikan Rusia siap memberikan pengalaman yang luar biasa. (selamat datang di Rusia),’’ kata Putin mengakhiri sambutanny­a yang tidak lebih dari dua menit itu.

Setelah itu, giliran Presiden FIFA Gianni Infantino yang berbicara. Pria berdarah Swiss-Italia tersebut tampil dengan sangat lugas. Singkat. Lebih singkat daripada Putin. Infantino menyampaik­an selamat datang kepada fans Rusia dan Saudi. Dalam bahasa Rusia dan Arab. katanya kepada tim dan suporter Saudi. Meski terbatabat­a, ala Infantino itu sangat berkesan. Suasana menjadi lebih cair.

Begitu Infantino turun panggung, hitung mundur menuju kickoff dimulai: 10, 9, 8, 7, 6, 5, 4, 3, 2, 1. Piala Dunia 2018 resmi dimulai. Sementara itu, nun jauh di Indonesia, kemeriahan semakin terasa. Meninggalk­an ibadah Ramadan, memulai ibadah Piala Dunia! (candra wahyudi)

 ?? ANGGER BONDAN/JAWA POS ?? To the point. speech-nya. royal box. ’’Dobro pozhalovat’ v Rossiyu greeting ’’Ahlan wa sahlan,’’ SINGKAT PADAT: Presiden Rusia Vladimir Putin berpidato sebelum laga pembuka Piala Dunia antara Rusia melawan Arab Saudi di Stadion Luzhniki, Moskow, Kamis...
ANGGER BONDAN/JAWA POS To the point. speech-nya. royal box. ’’Dobro pozhalovat’ v Rossiyu greeting ’’Ahlan wa sahlan,’’ SINGKAT PADAT: Presiden Rusia Vladimir Putin berpidato sebelum laga pembuka Piala Dunia antara Rusia melawan Arab Saudi di Stadion Luzhniki, Moskow, Kamis...

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia